in

Harga Cabai Mahal, Cabai Kering Banyak Diminati

Penjual cabai di salah satu pasar tradisional di Tegal. Foto: wing

Tegal (Jatengdaily.com) – Melambungnya ‎harga cabai di pasar tradisional Kota Tegal, Jawa Tengah hingga menembus Rp 70.000 per kilogram, membuat banyak konsumen beralih mencari cabai kering.

Salah satu pedagang, Arifia, 42 tahun, mengatakan,‎ harga berbagai jenis cabai saat ini mengalami kenaikan dalam tiga hari terakhir. “Sudah tiga hari naik terus,” Selasa 16 Juli 2019.

Jenis cabai yang mengalami kenaikan paling tinggi yakni rawit merah. Dari sebelumnya Rp 50.000 per kg, kini harganya melonjak menjadi Rp 70.000 per k‎g. Kemudian cabai rawit hijau dari sebelumnya Rp 35.000 per kg menjadi Rp 60.000 per kg.

“Yang lainnya juga naik walaupun tidak besar. Cabai hijau besar dari Rp 20.000 per kilo menjadi Rp 25.000‎ per kilo. Cabai merah besar jadi Rp 50.000 per kilo dari sebelumnya Rp 45.000‎ per kilo,” ungkapnya, Kamis (18/7/2019).

Menurut Arifia, kenaikan tersebut ‎dipicu berkurangnya pasokan yang berasal dari Tanjung, Kabupaten Brebes. Biasanya dia bisa mendapat pasokan sampai dua kuintal, sekarang hanya berkisar 60 sampai 70 kg. “Katanya dari petaninya sudah berkurang karena faktor cuaca,” ucapnya.

Melambungnya harga komoditas bumbu dapur itu menurut Arifia membuat pembeli mengurangi pembelian. Ada juga pembeli yang beralih ke cabai kering karena harganya yang lebih murah.

“Sejak harganya naik, pembeli yang jualan nasi ponggol, warteg, dan bakso sekarang carinya cabai kering yang kondisinya sudah tidak segar. Cabai rawit yang kering ‎harganya Rp 50 ribu per kilo,” ujarnya.

Arifia menyebut kenaikan harga kali ini merupakan yang tertinggi pada tahun ini. Terakhir kali, kenaikan paling tinggi terjadi pada tahun lalu. “Tahun lalu paling mahal Rp 45.000 per kilo,” sebutnya.

Pedagang lainnya, Suryati, 50 tahun, juga mengeluhkan berkurangnya pembeli sejak harga cabai mengalami kenaikan. Dia pun terpaksa mengurangi stok cabai yang dijual.

“Saya menyediakan lima kilogram saja tidak habis. Padahal biasanya menjual sampai 10 kilo,” ungkapnya. wing-she

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Tolak Karaoke Liar di Sekitar MAJT, Aliansi Remaja Tiga Masjid Tandatangani Petisi

Calon Haji Diimbau Utamakan Niatnya Beribadah