Hutan Gunung Sumbing Terbakar, 134 Pendaki Dievakuasi

Para pendaki Gunung Sumbing dievakuasi setelah terjadi kebakaran hutan di lereng gunung tersebut. Foto: twitter BPBD KabTemanggung

TEMANGGUNG (Jatengdaily.com) – Kebakaran hutan kembali melanda wilayah Jawa Tengah. Kali ini giliran hutan di lereng Gunung Sumbing wilayah Kabupaten Temanggung terbakar.

Unit Data dan Informasi BPBD Kab.Temanggung dalam postingan akun instagram menyebutkan, kebakaran hutan di lereng Gunung Sumbing Petak 27-7 RPH Kemloko BKPH Temanggung dengan jenis vegetasi semak dan ilalang.

Akibat kebakaran hutan Sumbing tersebut, sebanyak 134 pendaki dievakuasi melalui jalur Banaran di Desa Banaran Kecamatan Tembarak. Hingga Minggu (22/09/19) dilakukan pemantauan gabungan personel BPBD, Perhutani, Polsek dan Koramil di Rumah dinas Perhutani Rph Kemloko.

Hutan lereng Gunung Sumbing yang terbakar terlihat berasap. Foto: twitter BPBD KabTemanggung

Disebutkan, sebelumnya titik asap terlihat kemarin (Sabtu 22/9/2019) sore, setelah dilakukan pemantauan dan observasi lokasi oleh personel BC Banaran tadi malam api tidak terlihat lagi. Akan tetapi tadi pagi (Minggu (22/9/2019) pukul 03.00 WIB api terlihat dari BC Banaran.

Pada Minggu siang terdeteksi dua hotspot titik api di lereng Gunung Sumbing. Angin yang kencang membuat api semakin cepat merembet. Api diperkirakan sudah merembet membakar area petak 23-3 dengan jenis vegetasi rimba campur. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here