Hutan Gunung Sumbing Terbakar Lagi

Kebakaran hutan yang terjadi di Gunung Sumbing. Foto: dok/instagram BPBD_kabTemanggung

TEMANGGUNG (Jatengdaily.com) – Hutan Gunung Sumbing di wilayah Kabupaten Temanggung kembali terbakar. Kebakaran melanda petak 27-4 dan petak 27-2 Resor Pemangku Hutan Kemloko sejak Senin (21/10/2019).

Akun instagram BPBD Temanggung mengunggah, bahwa kebakaran hutan GUnung Sumbing terjadi sejak Senin (21/10/2019) pukul 06.30 WIB. Lokasi di petak 27-2 dengan luas baku 60,8 hektare.

Disebutkan lokasi tersebut berada di RPH Kemloko, BKPH Temanggung, KPH Kedu Utara. Masuk wilayah administratif Desa Tanggulanom, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung. Sumber api diduga dari rembetan api kebakaran hari Minggu (20/10/2019).

Sementara itu tim gabungan dari unsur Perhutani, TNI, Polri, BPBD Temanggung, dan relawan terus berupaya memadamkan kebakaran tersebut. Asisten Perhutani Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung Kusino, mengatakan kebakaran hutan melanda petak 27-4 dan petak 27-2 Resor Pemangku Hutan Kemloko tersebut terjadi sejak Minggu (20/10).

Ia menyebutkan kawasan hutan petak 27-4 dengan vegetasi berupa savana, sedangkan di petak 27-2 berupa tanaman rimba campur. “Kami terus berupaya memadamkan kebakaran tersebut, terutama dengan membuat sekat bakar agar kebakaran tidak meluas,” katanya.

Ia menyebutkan kendala dalam pemadaman ini adalah lokasi cukup berat berada di kawasan jurang, selain itu angin bertiup cukup kencang. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here