Jemaah Haji Doakan Korban Gempa Banten

Haji 2019. Foto: dok. kemenag

MAKKAH (Jatengdaily.com) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak jemaah haji Indonesia di Tanah Suci untuk mendoakan keselamatan bangsa, terkait terjadinya gempa 6,9 Skala Richter (SR) semalam.

“Saya mengimbau jemaah haji Indonesia yang saat ini ada di Tanah Suci untuk mendoakan saudara kita sebangsa dan setanah air yang ada di Tanah Air, mudah-mudahan mereka diberi keselamatan dan keluarga yang karena gempa itu menjadi korban, misalnya kalau ada, mudah-mudahan diberi kesabaran,” ajak Menag.

Menag berharap tidak banyak korban dari peristiwa gempa ini. Kepada jemaah haji Indonesia, Menag juga mengimbau untuk tidak risau dan panik.

“Terpenting perbanyak doa, mudah-mudahan tidak banyak korban dari gempa bumi ini. Mudah-mudahan ini bisa segera bisa diatasi saudara kita yang ada di Tanah Air,” imbau Menag.

Sementara itu sebanyak 193.300 jemaah haji Indonesia telah tiba di Kota Makkah. Mereka tergabung dalam 480 kloter disertai dengan 2.400 petugas. Data ini berdasarkan rilis yang dikeluakan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, Jumat (2/8/2019) pukul 19.00 WAS.

Rilis data Siskohat, dikutip dari laman kemenag.go.id, juga menunjukkan bahwa tersisa 49 dari total 529 kloter yang belum tiba di kota kelahiran nabi ini. Adapun jumlah jemaah yang meninggal di tanah suci bertambah menjadi 49 orang.

“Makkah kini semakin padat. Jemaah haji Indonesia yang belum tiba di kota ini berjumlah 49 kloter lagi. Kami berharap, kloter yang tersisa ini dapat berangkat sesuai jadwal dan tiba dengan selamat di Kota Makkah ini,” tutur Kepala Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here