in

Jokowi-Ma’ruf Amin Peroleh 81,4 Persen di Kabupaten Semarang

Ketua KPU Kabupaten Semarang Maskup Asyadi (tiga dari kanan) menyerahkan rekapitulasi hasil penghitungan suara KPU Kabupaten Semarang ke KPU Jateng, Jumat (3/5/2019). Foto :ist

UNGARAN (Jatengdaily.com) – Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta pemilihan legislatif di KPU Kabupaten Semarang diketahui pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin menang telak di Kabupaten Semarang.

Pasangan calon presiden Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh dukungan sebanyak 536.938 suara atau sekitar 81,4 persen, sedangkan dukungan untuk pasangan Prabowo-Sandi sebanyak 122.698 suara atau 18,6 persen.

Ketua KPU Kabupaten Semarang, Maskup Asyadi mengatakan rekapitulasi hasil penghitungan suara pilpres dan pileg di KPU Kabupaten Semarang sudah selesai 100 persen. Hasil rekapitulasi mulai 30 April 2019 sudah ditetapkan dalam rapat pleno terbuka, Kamis (2/5/2019) sekira pukul 20.40 WIB.

‘’Perolehan suara paslon nomor urut 01 sebesar 81,4 persen atau 536.938 suara, sedangkan paslon nomor urut 02 sebesar 18,6 persen atau 122.698 suara,’’ ungkapnya melalui sambungan telepon, Jumat sore (3/5/2019).

Menurut Maskup, selama proses penghitungan suara di tingkat KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) sampai rekapitulasi di tingkat KPU Kabupaten Semarang sudah ada regulasi yang mengatur. Adanya persoalan selama proses penghitungan di KPPS hingga rekapitulasi tingkat KPU juga sesuai regulasi, misalnya ada yang perlu pengecekan dan pembetulan melalui C1 plano, atau DAA1 plano.

‘’Hanya sejauh penulisan keliru, dicek dan sudah dibetulkan, itu memang terjadi. Tapi secara umum berjalan lancar, aman dan kondusif,’’ katanya sembari menyampaikan tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Semarang menggunakan hak pilihnya mencapai 86 persen.

Maskup mengungkapkan, hasil rekapitulasi penghitungan suara di KPU Kabupaten Semarang sudah disampaikan ke KPU Jateng, Jumat (3/5/2019). Rapat pleno tingkat provinsi untuk Kabupaten Semarang dijadwalkan 6 Mei 2019. ‘’Kemudian KPU provinsi menyampaikan ke KPU RI. Tanggal 22 Mei 2019 sudah ada penetapan suara sah secara nasional,’’ jelasnya.

Setelah penetapan di KPU RI, kata Maskup, KPU Kabupaten Semarang akan menunggu selama tiga hari berkaitan ada atau tidaknya gugatan mengenai perselisihan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). ‘’Kalau selama 3 x 24 jam di Kabupaten Semarang ternyata tidak ada gugatan, kita akan melakukan penetapan perolehan kursi (DPRD Kabupaten Semarang) dan calon presiden,’’ ujarnya. Rus-yds

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Siap-Siap Nonton Westlife di Borobudur

Semen Indonesia Bukukan Pendapatan Rp 8,127 Triliun