in

Kebersamaan Kunci Sukses Koperasi

Bupati HM Natsir dan KaDindagkop dan UKM Kabupaten Demak Hj Siti Zuarin berfoto bersama juara lomba paduan suara dalam rangka Hari Koperasi (PS Harkop) ke-72 yakni PS Koperasi Sri Rejeki Dinas Pertanian. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Sudah menjadi pengetahuan masyarakat, asas koperasi adalah dari anggota, untuk anggota dan oleh anggota. Maka itu kunci sukses pengelolaan koperasi adalah terjaganya kebersamaan.

Pada upacara 17-an yang dirangkai Apel Hari Koperasi ke-72, Bupati HM Natsir menyampaikan apresiasi atas Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM 2019 yang diberikan Manteri Koperasi dan UKM RI Puspayoga beberapa hari lalu di Purwokerto Banyumas, kepada Wabup H Joko Sutanto dan KaDindagkop dan UKM Kabupaten Demak Hj Siti Zuarin.

Bupati berharap, prestasi yang diraih menjadi stimulan sekaligus teladan para tokoh masyarakat juga para pengelola koperasi agar bekerja lebih giat memberdayakan dan menumbuhkembangkan koperasi. Sebab ketika koperasi berhasil membumi, diyakini mampu menjadi saka guru perekonomian daerah bahkan nasional.

“Alhamdulillah sejauh ini pemerintah melalui OPD terkait senantiasa peduli dan membimbing koperasi-koperasi di Kabupaten Demak. Bukti setiap tahun dapat penghargaan. Prestasi tingkat nasional ini tentunya sangat membanggakan, dan berharap menjadi semangat tokoh masyatakat dan para pengelola koperasi sehingga koperasi tumbuh sehat dan berkembang pesat di Kota Wali,” kata bupati.

Di sisi lain, KaDindagkop dan UKM Kabupaten Demak Hj Siti Zuarin menjelaskan, apresiasi tertinggi Kementerian Koperasi dan UKM RI diberikan kepada Pemkab Demak karena keberhasilan membina Koperasi dan UKM di Kabupaten Demak. Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan Koperasi berprestasi tingkat nasional selama empat tahun berturut-turut.

Pada 2017, disebutkan, KUD Pringgodani meraih penghargaan koperasi berprestasi tingkat nasional kategori koperasi produsen. Selanjutnya, pada 2018 KSP Pringgodani Mandiri meraih penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional kategori Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Pada tahun sama penghargaan Bakti Koperasi dan UKM juga diberikan kepada Bupati Demak HM Natsir juga atas kepedulian dalam menumbuhkembangkan koperasi di Kabupaten Demak.

Diakui, semua keberhasilan itu diraih berkat upaya reorientasi yang dilaksanakan. Yakni merubah mindset dari orientasi pada kuantitas menjadi kualitas. Selain itu juga dilakukan rehabilitasi data dan terus melakukan pengembangan serta inovasi. rie-yds

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Kurikulum Prodi Ilmu Hukum Unissula Ikuti Dinamika Zaman

Menpora Janjikan Bonus Beasiswa bagi Peraih Medali ASG