KNPI Ajak Pemuda Berperan Aktif Jaga Kerukunan dan Kebhinekaan Bangsa

Ketua DPD KNPI Kota Semarang di dampingi Ketua DPD KNPI Jawa Tengah berfoto bersama dengan jajaran pemerintahan dalam acara konser budaya di HUT KNPI Kota Semarang. Foto: ody

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Suasana kebudayaan tampak saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Semarang ke 46 yang digelar di Ouedetrap Kawasan Kota Lama Semarang, Selasa (30/7/2019) malam.

Kegiatan yang dikonsep dengan Konser Budaya “Meneguhkan Peran Pemuda Sebagai Pewaris Budaya” tersebut tampil beberapa kesenian dan budaya. Seperti tari merak, wayang wong, musik keroncong dan tribut Iwan Fals dan lainnya.

Kepala Bidang Pengembangan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Semarang Junaidi mengatakan, sasaran kegiatan ini adalah para pemuda Kota Semarang. Mulai dari unsur KNPI, jajaran Organisasi Kepemudaan se Kota Semarang serta masyarakat.

Adapun kegiatan ini dalam rangka pembinaan pemuda dan ulang tahun KNPI. “Tujuannya mengajak generasi muda untuk berperan aktif menjaga kerukunan dan kebinekaan bangsa,” tegasnya.

Hal ini sebagai fungsi pembangunan pemuda yakni mendidik generasi muda agar memiliki etika, memilihara sikap dan berwawasan kebangsaan dalam keragaman membangun pembangunan nasional.

Ketua DPD KNPI Kota Semarang Choirul Awaludin dalam sambutannya, mengucapkan banyak terimakasih kepada semuanya yang mendukung kegiatan dalam rangka HUT KNPI 46.

Ia mengaku, kegiatan ulang tahun yang dikemas dengan konser budaya ini dalam rangka mengajak semua pemuda mampu meneguhkan serta melestarikan budaya di tengah-tengah perkembangan zaman sekarang ini. “Kita contohkan bahwa, munculkan NKRI yaitu karena terdapat sebuah budaya di negara kita,” tegasnya.

Ia juga menambahkan, di usia 46 merupakan usia dewasa, tidak remaja lagi dan tidak tua. Makanya dalam hal apapun sebagai generasi muda harus menjadi orang-orang dewasa dalam hal apapun.

“Termasuk dalam hal politik dan bersikap dalam keseharian di lingkungan bermasyarakat,” harapnya Awaludin.

Menurutnya, hal ini bagian dari seni. Sehingga sebagai generasi muda mampu menjaga budaya khususnya di Kota Semarang termasuk sejarah di Kotalama.

“Secara pribadi saya berharap kedepan KNPI lebih maju dan pemuda di Kota Semarang lebih hebat,” harapnya.

Ketua DPD KNPI Jawa Tengah Tino Indra Wardana juga menyampaikan, terimakasih terhadap Kota Semarang. Sebab KNPI Kota Semarang sudah menghasilkan pemimpin-pemimpin bangsa dan menjadi tauladan bagi masyarakat.

“Tidak jauh-jauh Walikota Semarang kita sendiri yakni Hendrar Prihadi salah satu kader KNPI Kota Semarang kemudian Kemendagri Tjahyo Kumolo dan lainnya,” tegasnya.

Adapun Sambutan Walikota Semarang yang disampaikan oleh Sekertaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Semarang Jarot Murdiyanto mengatakan, bahwa Kota Semarang mendapat predikat sebagai kota layak pemuda. “Kemarin kami dijadikan sebagai percontohan kota di seluruh Indonesia. Mereka kagum bahwa kita layak menjadi Kota Pemuda,” ujarnya.

Dalam sambutannya juga mengucapkan banyak terima, peran pemuda yang begitu aktif membantu program-progam pemerintah Kota Semarang. Seperti mendirikan posko pemudik, pawai dugderan, dialog keagamaan dan doa kebangsaan dan lainnya. “Kami rasa tema ini sangat tepat melihat kondisi bangsa ini sudah mulai terkikis kecintaan terhadap kebudayaan,” ujarnya. Ody-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here