Megawati Hadiri Pemakaman Ani Yudhoyono

Presiden Jokowi memimpin pemakaman Ibu Ani Yudhoyono. Foto: dok setkab

JAKARTA (Jatengdaily.com) – Pemakaman istri Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, Minggu (2/6/2019) diirngi tembakan salvo. Jenazah Ani Yudhoyono kemudian dimasukkan ke dalam liang lahat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Sebelum terdengar tembakan salvo, empat orang perwira tinggi membentangkan bendera merah putih di atas peti jenazah. Jenazah kemudian dikeluarkan dari peti, dan dimasukkan ke dalam liang. Terdengar sekali tembakan salvo saat pemberian penghormatan.

Jenazah Ibu Ani Yudhoyono saat dipersemayamkan di rumah duka Cikeas. Foto: dok.setneg

Dua orang putra Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono menyambut jenazah dari dalam lubang yang telah disiapkan. Saat jenazah dimasukkan, kembali terdengar satu tembakan salvo. Saat jenazah diturunkan, instrumen lagu ‘Gugur Bunga’ terdengar mengiringi pemakaman Ani Yudhoyono yang dimakamkan di Blok M 129.

Ada momen istimewa dalam acara pemakaman Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri hadir dan bersalaman hangat dengan SBY.

“Terima kasih, bu,” ujar SBY yang suaranya terdengar samar-samar di tengah desakan para pelayat yang mengantre ingin bersalaman mengucapkan turut berdukacita.

Megawati Soekarnoputri hadir melayat di TMP Kalibata. Foto: dok setkab

Dalam prosesi pemakaman, Megawati duduk sebaris dengan SBY. Jarak keduanya hanya dipisahkan Ibu Negara Iriana Jokowi yang duduk persis di sebelah kiri SBY, sementara Megawati duduk di sebelah Iriana. Megawati hadir didampingi putrinya, Puan Maharani dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung serta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Kehadiran Megawati di pemakaman Ani terasa istimewa. Ini terkait hubungan Megawati dan SBY yang selama ini diketahui kurang baik. Pada akhir Juli 2018, SBY blak-blakan soal hubungannya dengan Megawati yang masih juga belum pulih. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here