MotoGP Amerika: Rossi Gagal Manfaatkan Kesialan Marquez

Marq Marquez saat terjatuh di lap ke-12 pada MotoGP Amerika Senin dinihari. Foto: Twitter MotoGP

AUSTIN – MotoGP Amerika pada Senin (15/4) dinihari WIB tadi, penuh kejutan. Di luar dugaan pebalap Suzuki Alex Rins berhasil tampil jadi jawara setelah berduel melawan Valentino Rossi di lap-lap terakhir. Sedangkan Marq Marquez yang digadang-gadang bakal memenangi seri ini, bernasib sial dan terjatuh di lap ke-12.

Sejak start, jalannya balapan sudah seperti yang diprediksi. Marquez yang menempati pole position langsung melaju disusul Rossi yang juga start di posisi kedua. Marquez terus memperlebar jarak dengan Rossi, bahkan ketika balapan memasuki lap keempat, Marquez sudah memiliki selisih lebih dari satu detik dengan Rossi. Jarak Marquez dengan Rossi kemudian meningkat jadi lebih dari dua detik memasuki lap keenam.

Sayangnya, saat Marquez terlihat nyaman di depan justru nasib sial datang. Tepatnya di lap ke-12, Marquez terjatuh saat melibas tikungan. Seperti biasa, Marquez terus coba melanjutkan balapan setelah terjatuh. Namun ia kembali terjatuh saat coba menaiki motor Honda RC213V miliknya. Akhirnya Marquez pun menyerah tak melanjutkan balapan.

Kesialan Marquez gagal dimanfaatkan Valentino Rossi. Sempat memimpin balapan setelah Marquez terjatuh, Rossi terus ditekan Alex Rins di posisi kedua. Di sisa 10 lap, pebalap Yamaha ini memiliki keunggulan 0,5 detik dari Rins.

Rins terus berupaya memperpendek jarak dengan The Doctor. Rins akhirnya berhasil menyusul Rossi di sisa empat lap jelang finish. Rossi sempat mengambil risiko dengan melakukan pengereman telat untuk menyusul Rins. Rossi memang sesaat menyusul Rins, namun pebalap Suzuki tersebut dengan mudah mengambil alih posisi pertama karena Rossi menjadi melebar.

Rins terus tancap gas. Bahkan ia langsung melesat dan berhasil menciptakan keunggulan hingga 0,7 detik atas Rossi. Dua tikungan terakhir menjelang finish Rossi sempat mendekat , namun Rins berhasil bertahan dan finish pertama disusul Rossi dan Jack Miller. Kejutan untuk Suzuki.

Pada balapan ini juga diwarnai kesialan Maverick Vinales yang terkena penalti lantaran dianggap melakukan pelanggaran saat start. Selain Vinales, Joan Mir juga terkena hukuman yang sama. Mereka kemudian harus mundur ke posisi paling belakang di balapan ini. Rekan Marquez, Jorge Lorenzo juga tak mampu melanjutkan balapan setelah ia memutuskan keluar lintasan di tikungan 12. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here