Nanas madu Belik, Pemalang banyak diburu karena rasanya manis dan enak. Foto: wing

PEMALANG (Jatengdaily.com) –Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang sudah menjadi daerah sentra Buah Nanas, dan sudah dikenal hingga keluar daerah. Saat ini Nanas sedang banyak dan mudah didapatkan, karena sudah memasuki masa panen, sehingga banyak dijumpai pedagang nanas di sepanjang jalan menuju Pemalang Selatan.

Menurut Darno salah seorang pedagang nanas di pinggir jalan raya Belik mengatakan, masa panen buah nanas yaitu pada sekitar Mei sampai Juni. Sehingga mudah didapatkan pada saat ini. Akibatnya keuntungan yang didapatkan sangat tipis, karena bisa dikatakan musim panen raya.

“Untuk harga saat ini satu buah nanas madu ditingkat petani rata-rata Rp 3.000. Padahal sebelumnya harga bervariasi mulai dari Rp 3.000 sampai Rp 5.000,” ungkapnya, Rabu (19/6/2019).

Nanas Belik adalah nanas madu yang dikenal rasanya sangat enak, dan ada berbagai jenis tergantung kualitasnya. Nanas dengan kualitas super dan lolosan merupakan jenis paling bagus, dan lebih banyak dicari oleh pembeli, saat ini dijual dengan harga sekitar Rp 5.000 per buahnya.

Meski demikian hampir setiap hari nanas laku terjual, dengan perkiraan untuk satu hari terjual sekitar 1.000 buah, bahkan sampai tidak mampu memenuhi permintaan pelanggan. Nanas madu memiliki rasa enak dan sangat manis, berbeda dengan nanas jenis lainya, sehingga banyak ditanam di wilayah Belik.

Menurut Nurahmi salah satu pembeli, dirinya sering membeli buah nanas di Belik, karena rasanya sangat enak dibandingkan dengan wilayah lain. Biasanya nanas langsung dikonsumsi atau dibuat menjadi sale bahkan jenis makanan lainya. wing-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here