Novel Fatrio (39), warga Desa Kalikangkung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal diamankan beserta barang bukti delapan unit mobil dari berbagai jenis. Foto: wing

SLAWI (Jatengdaily.com) – Kasus dugaan penipuan sewa mobil dan penggelapan mobil yang sempat viral di media sosial (medsos) akhirnya berhasil diungkap Polres Tegal. Novel Fatrio (39), warga Desa Kalikangkung Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal diamankan beserta barang bukti delapan unit mobil dari berbagai jenis.

Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto, Senin (9/12/2019), mengatakan pengungkapan kasus bermula dari laporan sejumlah korban. Selanjutnya, dilakukan pengembangan oleh polisi, hingga akhirnya pelaku berhasil dibekuk.

“Total ada 10 laporan yang masuk. Setelah dilakukan pengembangan ternyata tidak hanya di wilayah Kabupaten Tegal. Tapi juga di Kota Tegal terdapat sembilan TKP,” katanya.

Dari 19 laporan itu, kata Kapolres, Polres Tegal berhasil mengamankan delapan unit mobil. Ditambahkan Kapolres, sebenarnya ada 14 unit mobil, hanya saja enam di antaranya sudah dikembalikan ke pemiliknya.

“Tersangka kita amankan 26 November lalu sekitar pukul 22.00 WIB di Cirebon,” jelasnya.

Kapolres mengungkapkan, modus yang digunakan pelaku yakni mendatangi pemilik kendaraan agar mau menyewakan unit mobilnya kepada lembaga negara melalui dirinya. Untuk memuluskan aksinya itu, pelaku mengiming-imingi para korbannya dengan tarif sewa tinggi.

Setelah korban percaya, pelaku kemudian membuatkan surat sewa fiktif untuk lebih meyakinkan korban. “Setelah kendaaraan di tangan pelaku, selanjutnya digadaikan dengan harga bervariasi. Ini dilakukan pelaku berulang-ulang,” beber Kapolres.

Akibat perbuatannya itu, pelaku dijerat Pasal 372 tentang Penggelapan dan 378 tentang Penipuan. Ancaman hukumannya maksimal 6 tahun. wing-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here