in

Pemudik yang Lewat Pesisir Pantura Diharap Waspada Rob

Banjir dan rob di pesisir pantura harus diwaspadai saat mudik. Foto: ugl

SEMARANG (Jatengdaily.com) -Selama arus mudik dan balik Lebaran, diprediksi sejumlah tiitk mengalami rob tinggi di sepanjang pantura. Dari pantauan dan analisasi Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Tanjung Mas Semarang ada lima wilayah mengalami rob, karena peningkatan air rob terjadi pada siang hari, yang berpotensi mengganggu pengguna jalan.

“Wilayah yang akan terkena rob tinggi di antaranya ruas jalan pesisir Kabupaten Tegal, Pekalongan, Kendal, kemudian ruas jalan Kaligawe Semarang hingga menuju Sayung, Demak. Maka bagi pengendara mobil, motor dan angkutan darat waspada,” kata Kepala Stasiun Meteorologi kelas II Maritim Tanjung Mas, Semarang, Retno Widiyaningsih di Semarang, jumat (24/5/2019).

Dari informasi yang dihimpun bahwa puncak rob bakal terjadi sejak April hingga Juni nanti dengan waktu sangat relevan. Ini membuktikan bahwa pemudik yang hendak melintas wilayah potensi rob harus waspada.

“Jadi diperkirakan titik puncak air pasangnya di Kota Semarang akan sangat tinggi, dengan waktu diprediksi mulai pukul 11.00 sampai 17.00 WIB,” ujarnya.

Peningkatan air rob kali ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya karena dipengaruhi perubahan posisi bulan yang berada sangat dekat dengan matahari. Sedangkan kenaikan air rob akan mulai terasa pada 29 Mei-12 Juni.

“Rob bisa sampai ketinggian 1,1 meter atau naik 70 centimeter dibanding kondisi normal. Kondisinya memang berbeda kalau biasanya malam, sekarang rob terjadi siang hari. Kita mengimbau pemudik mewaspadai hal ini apalagi saat ini masih ada potensi hujan di beberapa wilayah,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau kepada pemerintah daerah (Pemda) setempat untuk mengerahkan seluruh pompa untuk menyedot genangan rob di badan jalan. Selain itu juga harus membuat tanggul penahan banjir supaya arus mudik tidak tersendat.

“Seperti tahun lalu, Kementerian PUPR juga menyiagakan pompa di Kaligawe. Harapannya tahun ini juga akan dilakukan tindakan serupa. Sebab ada jalur yang rawan banjir salah satunya di antara Demak dan Purwodadi,” tutupnya. adri-she

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Irvan ‘Polisi Gadungan’ Pelaku Pemerasan Bermodus Asmara Diringkus

Bayu Nugroho Lupakan Rekor Buruk Lawan Persija