Pencemaran Sampah Plastik Mengancam Kelangsungan Hidup

Pelajar peserta Jalan Sehat Hardiknas Kabupaten Demak 2019 saat gerakan lima menit memungut sampah. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Kebiasaan meminimalisasi sampah plastik dan penggunaan produk plastik tak ramah lingkungan, harus dibudayakan sejak dini. Karena pencemaran disebabkan sampah plastik yang tak dapat didaur ulang alam, mengancam kelangsungan makhluk hidup di bumi ini.

Sehububgan itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak H Anjar Gunadi didampingi Kabid PAUD dan PNF Afida Aspar menyampaikan, Jalan Sehat Hardiknas 2019 mendasar pada SE Bupati tentang imbauan mengurangi sampah plastik di lingkungan Pemkab Demak. Alasannya, budaya membuang sampah pada tempatnya serta meminimalisai penggunaan produk plastik harus ditanamkan sejak dini.

Jalan Sehat Hardiknas 2019 disebut sebagai momen tepat mengajak masyarakat meminimalisasi sampah plastik, sekaligus memhuang sampah pada tempatnya. Sebab 90 persen lebih peserta adalah pelajar.

Maka sebanyak 10 ribu peserta yang terlibat diimbau membawa tempat minum (tumbler) dari rumah. Sementara panitia menyediakan air mineral kemasan galon yang ditempatkan di lokasi-lokasi strategis.

Gerakan memungut sampah dimaksudkan menanamkan semangat cinta kebersihan di lingkungan tinggal masing-masing. Foto: rie

“Mereka generasi muda yang akan hidup di bumi lebih lama. Karenanya sejak dini harus ditanamkan kebiasan membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi sampah plastik. Tentunya dimaksudkan mengurangi pencemaran lingkungan dari dampak negatif sampah plastik,” kata Afida Aspar, Jumat (3/5).

Oleh sebab itu sebelum diberangkatkan oleh Wabup H Joko Sutanto, dan saat tiba kembali ke lokasi start jalan sehat, peserta diajak melakukan gerakan ‘lima menit memungut sampah’. Hasilnya, tak banyak sampah bertebaran di halaman parkir GOR Pancasila yang merupakan lokasi kegiatan.

Melihat kelincahan anak-anak memungut sampah di sekitarnya, Wabup H Joko Sutanto pun menyampaikan apresiasinya. Berharap membuang sampah pada tempatnya serta meminimalisasi penggunaan produk plastik pun menjadi kebiasaan di kehidupan sehari-hari di lingkungan tempat tinggal masing-masing. rie-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here