Kepala PT KAI Daerah Operasi IV Semarang, Mohamad Nurul Huda Santoso, Jumat (29/11/2019) kepada wartawan saat menyampaiakn persiapan Natal dan Tahun Baru. Foto: she

SEMARANG (Jatengdaily.com) -Pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020 PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IV Semarang memprediksi akan ada kenaikan volume penumpang kereta api sebesar 5% menjadi 463.432 penumpang.

Penumpang naik dari Nataru tahun 2018 sebesar 441.364 penumpang. Tahun ini, menetapkan masa Angkutan Nataru 2019/2020 selama 18 hari mulai 19 Desember 2019 sampai dengan 5 Januari 2020. “KAI memperkirakan keberangkatan KA tanggal 22 dan 29 Desember sebagai tanggal favorit masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api,” kata Kepala PT KAI Daerah Operasi IV Semarang, Mohamad Nurul Huda Santoso, Jumat (29/11/2019) kepada wartawan.

Kadaop mengatakan, bahwa tiket Kereta Api (KA) Jarak Jauh Reguler pada masa Nataru 2019/2020 dapat dibeli mulai 19 November 2019 atau H-30 keberangkatan di seluruh kanal resmi penjualan tiket kereta api seperti aplikasi KAI Access, situs kaLid, dan lainnya. Sementara untuk KA Lokal, tiket dapat dipesan mulai H-7 Keberangkatan melalui aplikasi KAI Access atau 3 jam sebelum keberangkatan di loket stasiun.

Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang, KAI Daop IV Semarang selain menjalankan 81 rangkaian KA penumpang regular juga menjalankan KA Tambahan Nataru 12 KA terdiri dari empat KA Daop IV Semarang dan delapan KA melewati Daop IV Semarang, yang dapat dipesan mulai tanggal 25 November 2019 di seluruh kanal penjualan. Adapun daftar perjalanan KA Nataru yang disiapkan oleh KAI adalah sebagai berikut:

Argo Muria Fakultatif Semarang dengan rute Tawang -Gambir (PP), Argo Sindoro Fakultatlf SemaranTawang – Gambir (PP), Sembrani Fakultatlf Surabaya Pasarturl – Gamblr (PP), Matarmaja Nataru Malang – Pasar Senen (PP) , Brantas Nataru Blitar – Pasar Senen (PP), dan Kertajaya Nataru Surabaya Pasarturl – Pasar Senen (PP). Masing-masing kereta itu, berjumlah dua.

Menurutnya, selama masa Angkutan Nataru 2019/2020 berlangsung, PT KAI Daop IV Semarang menyediakan kapasitas tempat duduk sebanyak 52.040 kursi yang diangkut oleh seluruh KA di wilayah Daop IV Semarang ke berbagal tujuan.

Mengantisipasi datangnya musim hujan juga disiapkan sejumlah petugas ekstra yang akan bersiaga 24 jam di daerah daerah rawan wilayah Daop IV Semarang. Beberapa contoh daerah rawan tersebut yakni antara Gundih Karangsono yang rawan longsor dan amblesan, Semarang Tawang Alastua yang rawan banjir, dan Krengseng Batang yang rawan longsor dan banjir.

Petugas ekstra yang berjumlah total 192 petugas, terdiri dari 83 petugas penilik jalan (PPJ) ekstra, 75 penjaga jalan lintas (PJL) ekstra, 28 petugas posko daerah rawan jalan rel ekstra dan 6 petugas posko daerah rawan jembatan ekstra

Seluruh petugas ekstra disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA Daop 4 Semarang untuk memantau apabila terjadi rintang jalan atau peristiwa luar biasa (PLH) yang menghambat perjalanan KA.

Selain menyediakan petugas ekstra, untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jasa kereta api, KAI Daop 4 Semarang juga menyiapkan 573 personel keamanan yang melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here