Warga Desa Taman, Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang dibantu aparat membersihkan pohon tumbang akibat puting beliung. Foto: wing

PEMALANG (Jatengdaily.com)-  Senin (23/12/2019), warga, masih memberisikan rumah dan halaman mereka yang terkena angin putting beliung. Sebeumnya, angina kencang berputar menyapu puluhan rumah di Desa Taman, Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang dan mengalami rusak akibat dihantam puting beliung, Minggu (22/12/2019), pukul 13.00. Angin kencang yang terjadi saat hujan juga menumbangkan pohon-pohon besar.

Kepala Desa Taman Agus Sutrisno membenarkan bencana alam yang menimpa desanya. Menurutnya, kejadian puting beliung tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun menyebabkan puluhan rumah rusak. Terparah berada di Dusun Kalibaros di RT 02 RW 09.

“Jumlah persis belum diketahui karena sedang didata. Pemerintah desa sudah koordinasi dengn kecamatan dan Polsek,” jelasnya, Senin (23/12/2019).

Sampai sore kemarin, menurutnya sejumlah warga di lokasi kejadian juga sudah mulai memberesi puing-puing. Juga menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa rumah mereka. Aliran listrik di lokasi kejadian juga padam.

Wiryadi (50) warga sekitar menceritakan, angin kencang datang dari arah selatan ke utara. Angin berputar cukup kencang.

“Angin muter kencang sekali. Gak ada yang berani keluar karena kondisi juga hujan. Begitu keluar rumah sudah pada habis,” katanya.

Selain rumah, gudang bangunan dan kandang ternak juga rusak. Masyarakat, bersama anggota BPBD Pemalang dan TNI Polri tampak masih bergotong royong membenahi pohon-pohon tumbang. Pohon yang ambruk ke tengah jalan dipotong dengan gergaji.

Tim Tagana Polri Polres Pemalang yang dipimpin Kabagops Polres Pemalang Kompol Alkaf Chaniago SH MH dan anggota Polsek Taman Polres Pemalang yang dipimpin oleh Kapolsek Taman AKP Harsono SH saat mengetahui kejadian tersebut dengan sigap segera mendatangi tempat-tempat yang terkena dampak dari kejadian tersebut.  Wing-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here