Rektor Baru UNS Dilantik

SOLO- Menristekdikti Prof M Nasir melantik Prof Dr Jamal Wiwoho sebagai rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, untuk periode 2019-2023 menggantikan Prof Dr Rafik Karsidi yang telah habis masa jabatannya. Pelantikan sendiri berlangsung di Jakarta, baru-baru ini. Sedangkan serah terima jabatan antara rektor baru dan lama di kampus UNS.

“Selama berlangsungnya proses pergantian hingga terpilihnya rektor baru UNS segala kegiatan berjalan lancar. Kedepan UNS berharap adanya kebersamaan internal yang terbangun dalam mendukung kinerja rektor yang baru, “ kata Rafik selaku rektor lama menyampaikan kata sambutan pada kesempatan pelantikan sekaligus serah terima jabatan di kampus UNS, kemarin.

Sementara itu, rektor baru Jamal Wiwoho menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh jajaran pimpinan UNS, utamanya Ketua senat dan Sekretaris dan Anggota senat yang telah berhasil menyelenggarakan proses pemilihan rektor dengan sangat baik dan lancar.

“Hal ini sungguh tidak mungkin saya lupakan, bahwa proses pemilihan rektor UNS telah berhasil menciptakan suasana kondusif, kekeluargaan dan diakhiri dengan musyawarah dan mufakat. Semoga peristiwa yang baru pertama kali terjadi di UNS ini dapat menjadi contoh yang baik bagi perguruan tinggi lain,” pintanya.

Dijelaskan, peristiwa musyawarah dan mufakat ini sebagai bukti bahwa menyandang predikat UNS sebagai kampus benteng Pancasila adalah tidak salah.

“Kami telah membuktikan bahwa mengelola perguruan tinggi yang besar utamanya dalam alih kepemimpinan, ternyata juga dapat dilakukan dengan mengedepankan nilai-nilai musyawarah dan mufakat sebagaimana tertuang dalam sila ke-empat Pancasila.

Prof Dr Jamal Wiwoho juga memaparkan bahwa proses pemilihan rektor di UNS diapresiasi Menristekdikti, karena salah satu faktor penting penentu bagi perguruan tinggi yang maju dan bermutu, serta dewasa adalah bagaimana perguruan tinggi tersebut saat terjadi pergantian pimpinan tidak mengalami kegaduhan. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here