Ribuan Pemudik Gratis via Kapal Kembali Diberangkatkan ke Semarang

KM Dobonsolo yang memberangkatkan ribuan pemudik gratis pada masa Lebaran ini. Foto: dok. Kemenhub

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Ribuan pemudik gratis kembali diberangkatkan dari Jakarta menuju Semarang, Sabtu (1/6/2019). Para pemudik tersebut menumpang Kapal KM Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Pelepasan dilakukan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi beserta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan para pejabat serta stakeholders terkait.

Sebelumnya, tepatnya pada hari Kamis (30/5/2019) lalu, kapal penumpang KM. Dobonsolo yang dioperatori PT. Pelni juga telah mengangkut sebanyak 911 sepeda motor dan 1.982 orang yang merupakan peserta pemudik gratis sepeda motor dari Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko menyebutkan pada tahun 2019 ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan kuota untuk mudik gratis sepeda motor dengan kapal adalah sebanyak 7.500 unit sepeda motor dan 15.000 orang penumpang.

Sebelumnya Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha mengatakan bahwa Kamis (30/5/2019), kapal memuat sebanyak 911 unit sepeda motor dari 1.039 sepeda motor yang terdaftar dan 1.982 orang penumpang dari 2.211 orang yang mendaftar mudik gratis diberangkatkan. Mereka menumpang kapal KM. Dobonsolo yang dioperatori PT. Pelni dari Jakarta menuju Semarang.

Menurut Arif Toha, pada tahun 2019 Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan 3 (tiga) kali keberangkatan (voyage) arus mudik gratis bagi pemudik sepeda motor dengan kapal yaitu tanggal 30 Mei, tanggal 1 Juni, dan 3 Juni 2019, serta 3 (tiga) kali voyage arus balik tanggal 8, 10, dan 12 Juni 2019.

Adapun total kuota kapasitas yang disediakan adalah sebanyak 7.500 unit sepeda motor dan 15.000 orang penumpang. Sejalan dengan slogan mudik lebaran tahun 2019 ini, yaitu “Mudik Bareng, Asyik Lancar”, para pemudik sepeda motor dengan kapal laut ini tidak dikenakan biaya apapun bahkan mendapatkan fasilitas dua kali makan selama pelayarannya, yaitu saat berbuka puasa dan saat tiba waktu sahur selama bulan Ramadan ini. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here