Target Perbaikan Saluran Atasi Banjir

SEMARANG (Jatengdaily.com) — Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Sih Rianung menargetkan bahwa, perbaikan drainase dan normalisasi sungai bisa selesai Desember, sebelum tahun baru 2020. Diharapkan, Semarang tidak lagi dilanda banjir.

Perbaikan drainase di kawasan Simpang Lima yang merupakan pusat Kota Semarang, dipastikan sesuai taeget. “Kalau target penyelesaiannya ya tahun ini 2019, sudah selesai,” kata Rianung saat dihubungi wartawan, Minggu (15/12/2019).

Dikatakan, perbaikan saluran air  menjadi kunci utama untuk mengatasi persoalan banjir yang selalu terjadi di kota Semarang, Apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan.

Rianung menegaskan, pihaknya sudah melakukan perbaikan-perbaikan di beberapa tempat, beberapa titik lain masih proses pengerjaan. Katanya, yang menjadi prioritas DPU adalah titik-titik yang tahun sebelumnya mengalami hambatan air.

“Hal ini menjadi perhatian kami. Seperti di daerah Genuk, Kembangsari, Jalan Gajah, dan Simpang Lima. Semua sudah kami sentuh perbaikan,” imbuhnya.

Selain itu, titik lain seperti di Pasadena juga telah dibuatkan penampungan air supaya air bisa dikendalikan. Termasuk di Semarang bagian atas seperti Tembalang.

Menurut Rianung, sejauh ini banjir serta genangan terjadi karena drainase tersumbat sampah dan kotoran. ” Banyak sampah-sampah, gerusan tanah juga menyumbat. Jadi kalau hujan biasanya kami nyogoki sumbatan-sumbatan. Memang sampah-sampah tidak bersahabat,” ungkapnya.

Dia berharap agar masyarakat bisa turut serta mengatasi persoalan banjir kota. Salah satu langkah konkretnya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Di samping kami melakukan perbaikan dan pembersihan, kami harap warga juga membantu, tidak buang sampah disembarang tempat,” ujar Rianung.Ugl –st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here