Tol Trans Jawa Cikatama-Kalikangkung Satu Jalur

Ilustrasi tol Trans Jawa. Foto: yds

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru 2020 diperkirakan terjadi pada Sabtu (21/12/2019) hari ini. Untuk itu sejumlah rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan.

Di antaranya jalan tol Trans Jawa, tepatnya mulai kilometer 70 Cikampek Utama (Cikatama) hingga kilometer 414 Kalikangkung, diberlakukan sistem satu arah (one way) mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

“One way dari kilometer 70 Cikatama hingga kilometer 414 Kalikangkung. Semua personel, fasilitas untuk one way sudah dipersiapkan sampai ke Jawa Tengah,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono di Cikampek, Jawa Barat.

Sementara arus kendaraan dari Jawa Tengah yang menuju ke Jakarta diarahkan ke jalan arteri. “Kami siapkan contraflow satu lajur untuk pertemuan arus kendaraan dari Cikampek keluar ke arteri,” katanya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyatakan hal sama tentang one eway dari Kilometer 70 gerbang tol Cikatama hingga Kilometer 424 gerbang tol Kalikangkung.

Kebijakan yang dikeluarkan oleh Korps Lalu Lintas Polri ini berdasarkan pertimbangan yakni pada tanggal 21 Desember merupakan puncak arus mudik.

“Dari Kakorlantas disampikan bahwa prediksi peningkatan pemudik atau pengguna jalan sebesar 6% jika dibandingkan dengan periode libur Natal tahun lalu atau meningkat 49% bila dibandingkan dengan hari biasa,” jelas Dirjen Budi sesuai penyampaian Kakorlantas Brigjen Pol Istiono.
.
“Selain itu karena telah kami berlakukan pembatasan operasional mobil barang pada 20 dan 21 Desember salah satunya di sepanjang jalan tol Cipali sehingga diharapkan akan memudahkan pengendalian dari petugas di jalan tol dan pengalihan kendaraan yang akan menuju ke Jakarta melalui jalur Pantura,” jelas Dirjen Budi. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here