Untag-UPH Jalin Kerja Sama Perkuat Tri Dharma PT

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Untuk meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Program Studi Hukum Program Magister (PHPM) Untag Semarang telah menjalin kerja sama dengan PHPM Universitas Pelita Harapan (UPH) Surabaya.

Kerja sama kesepahaman tersebut tertera dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Ketua PHPM Untag Prof Dr Liliana Tedjosaputro SH MH MM dan Ketua PHPM Pelita Harapan Dr Sarimandiana SH MS, di Gedung PHPM Untag, Jalan Pemuda 70 Semarang, belum lama ini.

Hadir pada acara itu, Ketua Prodi Hukum Program Doktor Untag Prof Dr Sarsintorini Putra SH MH. Wakil Dekan bidang akademik FH Untag, Totok Tumangkar SH MHum dan Sekretaris PHPM Untag, Edi Pranoto SH MHum, serta para mahasiswa PHPM dari kedua belah pihak.

Prof Liliana mengatakan Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan tanggung jawab sosial yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Oleh karenanya para pendidik diwajibkan untuk melaksanakan tiga aspek dalam Tri Dharma PT tersebut.

”Jadi adanya anggapan bahwa kampus hanyalah sebagai pusat pengajaran dan pendidikan, maka itu kurang tepat, karena kampus juga merupakan tempat untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Prof Liliana.

Dia meminta seluruh program-program maupun mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa hendaklah juga mengandung ketiga aspek Tridharma PT. Atas dasar inilah kerja sama Tri Dharma PT itu telah dilangsungkan dalam rangka untuk melakukan peningkatan mutu pendidikan hukum, baik pada tingkat fakultas maupun PHPM yang dilakukan secara bersama sama, di samping itu juga melakukan pengembangan kurikulum, metodologi pembelajaran serta peningkatan sumber daya manusia.

Untuk mendukung kegiatan itu, dalam nota kesepahaman juga telah disepakati adanya penyediaan ahli untuk kegiatan seminar maupun kegiatan ilmiah, bantuan bahan pengajaran, bantuan fasilitas pendidikan, melakukan penelitian  bersama serta studi banding.

Sementara itu Dr Sarimandiana sangat berterima kasih bahwa program studi yang dia pimpin dapat bekerja sama dengan PHPM Fakultas Hukum Untag Semarang, karena dia tahu bahwa Fakultas Hukum Untag sudah sangat pengalaman, mengingat usianya yang sudah cukup tua, yaitu 56 tahun, jadi tidak heran kalau mutu dan kualitas serta jumlah mahasiswanya lebih banyak.

Dia meyakini dengan kerja sama ini, Fakultas serta PHPM Pelita Harapan Surabaya dapat menimba berbagai hal, sehingga dengan kerja sama ini diharapkan nantinya juga bisa membuka Program Kenotariatan maupun Program Doktor, serta memiliki kualitas dan akreditasi seperti fakultas Hukum Untag Semarang yang telah dikelola secara profesional. st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here