399 Calon Anggota PPK Demak Ikuti CAT

DEMAK (Jatengdaily.com) – Sebanyak 399 calon anggota Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK) hasil seleksi KPU Demak melaksanakan computer assisted test (CAT), Kamis (30/1/2020). Sehubungan jumlah peserta yang melimpah, kegiatan dilaksanakan di SMA Negeri 2 Demak itu dibagi empat gelombang.

Ketua KPU Demak H Bambang Setya Budi menyampaikan, pascapengumuman rekrutmen badan adhock Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak 2020, sebanyak 441 orang menyampaikan berkas lamaran sebagai calon anggota PPK.

“Namun setelah dilakukan penelitian syarat administrasi, hanya 399 orang di antaranya dinyatakan lolos. Sementara 42 sisanya terkategori tidak memenuhi syarat,” ujarnya, didampingi Komisioner Bidang Parmas Siti Ulfaati.

Dari jumlah tersebut, 14 kecamatan sudah memenuhi kuota minimal pendaftar, yakni dua kali lipat kebutuhan PPK. Jumlah pelamar terbesar dari Kecamatan Bonang yakni 48 orang. Disusul pada posisi kedua dan ketiga yakni Kecamatan Sayung (44) dan Wonosalam (42).

Seleksi anggota PPK beejumlah lima orang di masing-masing kecamatan ada dua jenis, yakni tertulis dan wawancara. Untuk tes tertulis, menurut Bambang Setya Budi, dilaksanakan dengan metode CAT.

“Di antara 21 kabupaten/kota penyelenggara pilkada di Jateng, hanya lima di antaranya menggunakan sistem CAT. Termasuk di dalamnya Kabuoaten Demak,” tuturnya.

Pemilihan seleksi model CAT, dimaksudkan, sebagai bagian mendorong penibgkatan kualitas dan profesionalisme SDM calon anggota PPK. Pada saat sama, sebagai bagian upaya transparansi sekaligus menjaga akuntabilitas.

Lebih lanjut disampaikan, dari hasil CAT akan diambil 10 ranking terbesar. Ketika ada nilai sama, semuanya akan diikutkan pada tahapan berikutnya yakni seleksi wawancara. “Hasilnya tes tertulis akan diumumkan pada 2-3 Februari. Dilanjutkan pada 8 Februari tahap seleksi wawancara,” imbuhnya.

Tak hanya seleksi tertulis dan wawancara, keterlibatan masyarakat dalam rekrutmen calon anggota PPK juga diadakan. Berupa pemberian kesemapatan tanggapan masyarakat pada 15 – 21 Februari. “Ketika tanggapan masyarakat nihil, dilanjutkan pelantikan pada 29 Februari,” kata Bambang Setya Budi.

Untuk menjalankan tugas dan tanggungjawabnya, PPK dibantu tiga staf sekretariat. Support dari pemda tersebut diambailkan ASN dari Kantor Kecamatan.

Di sisi lain pembentukan PPS juga dilaksanakan pada bulan Februari. Dimulai pada tanggal 15, hingga pelabtikan pada 23 Maret. Untuk penempatan di 249 desa/kelurahan, dibutuhkan 747 PPS atau masing-maaing desa tiga personel, dibantu 747 petugas sekretariat support dari pemerintah desa. rie-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here