in

Ada Tarikan SPI di Jalur Ujian Mandiri S1 Rp 87 Miliar, UNDIP: Itu Hoaks

Undip. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Universitas Diponegoro (Undip) Semarang angkat bicara terkait adanya cuitan akun yang mengaku mahasiswa baru yang lulus jalur Ujian Mandiri (UM) jenjang S1, dan diminta membayar uang pangkal sebesar Rp 87 miliar, yang menjadi trending topic di twitter. Berita tersebut sepenuhnya tidak benar alias hoaks (berita bohong).

“Berkenaan dengan trending di twitter, lulus jalur UM S1 harus membayar uang pangkal Rp87 miliar, kami tegaskan bahwa berita tersebut hoaks, tidak benar,” katanya Plt Wakil Rektor III Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip, Dwi Cahyo Utomo, SE.,M.A.,Ph.D,  Sabtu (22/8/2020), dalam siaran persnya.

Dia menambahkan pihaknya telah mencermati adanya unggahan yang mengaku peserta ujian jalur mandiri 2020 yang mengambil program studi ilmu hukum. “Dicermati dari bahasanya, menunjukkan bahwa unggahan tersebut tidak benar, di antaranya, Undip tidak mengenal istilah uang pangkal,” tegasnya.

Selain itu format kartu bukti kelulusan yang ada di twiter tidak sesuai dengan format resmi yang dikeluarkan oleh Undip.

Dwi menuturkan dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru ujian mandiri Strata Satu ada tiga jalur yakni jalur reguler, jalur kemitraan dan golongan tidak mampu/pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Pada seleksi UM S1 tahun 2020 ini, yang diumumkan pada Jumat(21/8/2020) pukul 21.00 WIB, ada yang berbeda dari tahun sebelumnya yakni Undip menerima calon mahasiswa jalur UM S1 dari kelurga kurang mampu atau pemegang KIP,” kata pria yang akrab disapa DCU ini.

Adapun biaya pendidikan dan SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi), lanjutnya berpedoman pada ketentuan Permendikbud nomor 25 tahun 2020.

Diketahui, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang akan mengumumkan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri, Program Strata Satu (S1) tahun akademik 2020/2021 pada Jumat 21 Agustus 2020. Untuk melihat pengumumannya, peserta tes dapat mengakses laman pengumuman.undip.ac.id.

Pada laman tersebut, panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Undip mengingatkan pada seluruh calon pendaftar untuk waspada dan berhati-hati terhadap segala jenis penipuan yang mengatasnamakan panitia. She

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Tepis Isu Perombakan Kabinet, Mensesneg: Presiden Perintahkan Kabinet Fokus Bekerja

Jemput Bola demi Putuskan Rantai Pandemi Covid-19