Antisipasi Masuknya Penyakit Corona, Indonesia Tutup Penerbangan ke Wuhan

JAKARTA (Jatengdaily.com)  -Menyusul wabah penyakit Corona di Huwan, China, maka pemerintah Indonesia mengeluarkan larangan terbang bagi maskapai RI untuk tujuan ke dan dari Wuhan, China mulai Jumat (24/1/2020).

Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran virus baru coronavirus atau novel coronavirus (nCoV) yang mematikan.

Hal ini dikatakan oleh  Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Dia mengatakan belum bisa memastikan sampai kapan jalur penerbangan itu ditutup. Penutupan jalur penerbangan itu bisa saja berlangsung selama sebulan.

‘’Di sana masih krusial. Bisa saja mungkin bisa sampai 3 minggu atau 1 bulan kalau lihat dari apa yang terjadi di Wuhan,” katanya saat press briefing di Bandara Soekarno Hatta, Minggu (26/1/2020).

Hal ini dilakukan pemerintah Indonesia sebagai bagian dari upaya  preventif untuk menangkal jangan sampai terjadi perpindahan virus itu ke Indonesia.

Dalam kesempatan itu, ia juga kembali menegaskan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi maskapai yang melakukan penerbangan baik menuju ataupun meninggalkan Wuhan.

“Kalau di Wuhan udah clear tidak ada penerbangan dari dan ke Wuhan. Jadi kemarin Lion (Air) sempat akan mengembalikan penumpang tetapi di sana sudah close. Jadi yang kembali juga kosong. Jadi memang clear tidak ada lagi penerbangan ke Wuhan dari manapun di Indonesia dan saya memberikan 1 klarifikasi bahwa bahkan Garuda (Indonesia) itu tidak ada yang tujuan ke Wuhan ya, karena banyak mengatakan Garuda menolak permintaan kami untuk tidak ke sana.” jelasnya.

Seperti diketahui, panyakit Corona saat ini menjadi wabah yang perlu diwaspadai. Penyakit ini gejalanya mirip flu dan penyakit pernafasan yang lebih parah ketimbang pneumonia dan bisa menyebabkan kematian.

Awal penyebarannya adalah dari Kota Wuhan di China, Provinsi Hubei. Dan terdeteksi 31 Desember 2019 lalu. Bahkan kota ini saat ini telah diisolasi. Virus misterius ini telah menelan puluhan orang meninggal.

Bahkan saat ini telah menyebar di sejumlah negara. Mulai Jepang, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, AS, Vietnam, Nepal, Malaysia,  dan Perancis. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here