Antisipasi Tumbang, Warga Lakukan Penataan Pohon

RAPI: Penataan pohon di pinggir jalan selain mengantisipasi pohon tumbang juga untuk keindahan kota seperti di seputar simpanglima. Foto: Ugl

SEMARANG (Jatengdaily.com) — Hujan yang mengguyur di Kota Semarang disertai angin kencang seringkali membuat pohon yang sudah tua rawan tumbang.

Pohon-pohon yang menjadi hutan kota, berukuran besar dan tinggi di sejumlah jalan protokol dan di pinggir jalan raya di Semarang pun, tentunya membuat waswas pengguna jalan.

Salah satu pengendara motor di Semarang, Dewantara (24) mengaku, takut,  saat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin harus melintas di jalanan yang ada pohon-pohon besar di samping kanan dan kiri di pinggir jalan raya.

“Kalau hujan disertai angin jadi ngeri melintas di jalan raya, seperti saat melintasi di Jalan dr Sutomo Kalisari. Banyak pohon dengan ukuran besar di samping kanan kiri jalan raya tersebut. Takut kalau, pas melintas ada ranting jatuh atau pohonnya tumbang,” ujarnya saat ditemui di jalan Dr Sutomo, Senin (6/1/2020).

Saat ditanya, apabila, jika harus berkendara saat hujan disertai angin kencang, dirinya mengaku lebih baik berteduh dan menunggu hujan angin hingga sampai sudah reda.

“Kalau saya sih mending  berteduh terlebih dahulu, daripada melanjutkan perjalanan dalam kondisi hujan lebat,” tambahnya. 

Ia pun berharap, keberadaan pohon-pohon di sepanjang pinggir jalan  raya yang rimbun terus  dilakukan pemangkasan agar kejadian ranting jatuh atau pohon tumbang di Semarang bisa diminimalisir.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang Ali saat dikonfirmasi mengatakan, Pemkot Semarang melalui Disperkim sudah melakukan langkah antisipasi pohon tumbang pada musim penghujan tahun ini.

“Perampingan dan perapihan ranting-ranting pohon terutama yang berada di ruas jalan protokol menjadi fokus untuk mengantisipasi pohon tumbang,” ungkapnya.

Perapihan ranting pohon dilakukan di sejumlah jalan protokol seperti, di pinggir Jalan Kyai Saleh, Kampung Kali, Jalan MT Haryono dan sejumlah jalan lainnya.

“Selain itu, jika ada laporan bencana pohon tumbang, kami langsung meluncur ke lokasi untuk penanganan segera agar steril dan tidak mengganggu lalu lintas di jalan tersebut,” katanya.Ugl–st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here