Tim pengabdian dan mahasiwa KKN Undip di Desa Sumowono, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, berfoto bersama warga. Foto: dok

UNGARAN (Jatengdaily.com)-  Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di  Desa Sumowono, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang mengeluhkan sulitnya mendapatkan perizinan usaha UMKM nya.

Oleh karena itu banyak masyarakat yang mendirikan usahanya tanpa adanya izin usaha. Pelaku UMKM di desa Sumowono mengharapkan supaya dibantu dalam pendaftaran izin usahanya yang menurutnya sulit.

Apalagi seiring dengan meningkatnya akan kebutuhan masyarakat, meningkat pula kebutuhan terhadap konsumsi dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Terkait dengan hal tersebut, guna menambah penghasilan, banyak masyarakat yang mendirikan bisnis dengan skala kecil.

Contohnya usaha home industry dan usaha kuliner dan kaki lima. UMKM menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin berbisnis dengan mudah tanpa adanya pengurusan perizinan yang susah.

Melihat fenomena ini tim pengabdian Undip yang terdiri dari Bagas Rahmanda SH MH, Dr Dra Wilis Ari Setyati MSi, Fahmi Arifan ST MEng beserta mahasiswa KKN Tim 1 Undip Desa Sumowono yang terdiri

dari Dimas Mahendra Putra, Sri Risdhiyanti Nuswantari, Ardya Risma Firmansyah, Diva Khansa

Gusanti, Haekhal Arif dan Wilson Rinaldo memberikan pemahaman tentang “Aspek Legalitas dalam Pendirian Usaha Kecil Mikro dan Menengah di Kecamatan Sumowono”.

Untuk pendaftaran izin usaha UMKM dapat di akses secara online dengan link oss.go.id dan semua proses itu sudah dengan mudah diakses oleh pelaku UMKM.Tujuan program ini di laksanakan oleh mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) Semarang  adalah untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha dan masyarakat mengenai pentingnyalegalitas.

Khususnya dalam mendirikan usaha baik usaha yang berbentuk perusahaan maupun perorangan. Juga memberikan pemahaman kepada masyarakat dan pelaku usaha mengenai tata cara dan proses legalitas dalam mendirikan usaha,dan sebagai bentuk pemenuhanTri Dharma PerguruanTinggi. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here