Bagikan Jamu Anticorona, Detty Ajak Warga Pola Hidup Sehat

Anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, Dyah Ratna Harimurti (tengah), membagikan jamu anticorona kepada warga Pedurungan.Foto: Ist

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Anggota DPRD Kota Semarang, Dyah Ratna Harimurti mengajak warga untuk kembali gemar mengkonsumsi rempah-rempah hasil bumi yang dipercaya memiliki khasiat bagi tubuh manusia.

Terutama menambah kekebalan tubuh atau imunitas, termasuk menangkal radikal bebas dan konon bisa mencegah penularan Covid 19. Ajakan anggota DPRD Semarang dengan membagikan 400 botol jamu yang terbuat dari bahan rempah-rempah anti Corona kepada masyarakat di daerah Pedurungan.

“Langkah antisipasi berupa social distancing, pola hidup sehat, rajin mencuci tangan perlu dilakukan di tengah pandemi korona. Termasuk mengkonsumsi jamu yang berasal dari rempah nusantara yang punya banyak manfaat termasuk mencegah penularan Covid-19,” katanya, Senin (30/3).

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan pihaknya, memberdayakan pelaku UMKM industri jamu di Pedurungan dan membeli 400 botol jamu korona untuk dibagikan kepada warga sekitar. Terutama mereka yang masih harus bekerja di luar rumah.

“Sasarannya mereka yang tidak bisa work from home, agar stamina  tubuh prima dan kekebalan tubuh terjaga,” jelas anggota Komisi D ini. Detty sapaannya itu berharap warga Pedurungan memiliki kesadaran untuk bisa menjaga imunitas serta melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi tanaman herbal yang berasal dari alam.

Selain itu, agar tetap mematuhi aturan dari pemerintah. “Rempah-rempah hasil bumi menjadi warisan nenek moyang kita. Selain memiliki manfaat mencegah Covid-19, dan menjaga kesehatan, juga memasyarakatkan jamu menjadi sarana untuk nguri-uri budaya,” tambahnya.

Rempah-rempah itu seperti kunyit, jahe, kayu manis, sereh dan temu lawak. Kunyit dan jahe dipercaya sebagai antioksidan serta meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

“Kayu manis berfungsi memperbaiki fungsi pernafasan. Sereh bisa menurunkan gejala flu dan temulawak dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh,” ucapnya. Ugl–st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here