Begal Modus Ganjal ATM Dibekuk

Tersangka kejahatan dengan modus ganjal ATM diamankan polisi. Foto: wing

SLAWI (Jatengdaily.com) – Empat pelaku aksi kejahatan ganjal ATM di SPBU Sidaharja Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal ditembak polisi. Mereka ditangkap saat tengah menghamburkan-hamburkan uang hasil kejahatannya di sebuah tempat hiburan di Yogyakarta.

Karena berusaha melakukan perlawanan saat akan diamankan, personel Satreskrim Polres Tegal bertindak tegas dengan menghadiahi timah panas. Belakangan diketahui, salah seorang pelaku merupakan residivis dengan kasus yang sama di wilayah Polda Sumatera Selatan.

Keempatnya masing-masing, Humaidi (33), Iwan Darmawan (32), Eman Sahlan (28), dan Topan (25). Mereka berbagi peran masing-masing sebelum beraksi.

Kasatreskrim Polres Tegal AKP Gunawan Wibisono mengatakan pelaku diamankan, setelah beraksi di ATM SPBU Sidaharja. Modusnya, salah seorang pelaku mengganjal mesin menggunakan tusuk gigi.

“Saat itu, korban hendak mengambil uang di ATM. Namun karena ada tusuk gigi yang sudah dipasang para pelaku, kartu korban tidak bisa masuk ke mesin ATM,” katanya.

Selanjutnya, kata Gunawan, pelaku lainnya menghampiri korban dan berpura-pura membantu. Saat itulah, tanpa diketahui korban, pelaku menukar ATM korban dengan yang sudah disiapkan.

Pekalu, kemudian membantu korban memasukan kartu ke mesin dengan cara dipaksa. Menurut Gunawan, karena ATM sudah ditukar, saat korban mencoba memasukan PIN, dirinya tidak bisa melakukan transaksi.

“Saat korban panik, satu pelaku lainnya juga berpura-pura meminta korban mengulangi memasukan ATM dengan maksud untuk menghafal PIN korban,” jelasnya lagi.

Selanjutnya, para pelaku meninggalkan korban dan pergi ke mesin ATM di SPBU Muri Dampyak. Di sana pelaku kemudian menguras habis saldo korban sebanyak Rp110 juta.

“Setelah berhasil menggasak uang milik korban, para pelaku kemudian menghabiskan untuk berfoya-foya di tempat hiburan di Yogyakarta. Di sana, mereka kemudian diamankan,” tandasnya. wing-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here