Petugas Disdukcapil Tegal saat menyemprot disinfektan. Foto: wing

SLAWI (Jatengdaily.com)– Pelayanan masyarakat di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tegal terpaksa dihentikan selama sekitar 2 jam, Rabu (18/3/2020).

Hal itu karena di seluruh ruangan di kantor tersebut disemprot cairan disinfektan. Penyemprotan dilakukan oleh Tim Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal.

“Penyemprotan ini sebagai langkah kami untuk pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di lingkungan kantor kami,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Tegal Supriyadi.

Menurutnya, untuk menghindari aroma cairan zat kimia yang kurang sedap itu, maka pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di kantor tersebut dihentikan sementara sekitar 1 sampai 2 jam. Setelah aroma hilang, pelayanan dilanjutkan kembali.

“Kasihan masyarakat, nanti mereka menghirup bau zat kimia. Jadi dihentikan sementara dulu,” ucapnya.

Selain mencegah penyebaran Covid-19, upaya itu dilakukan untuk menjaga kebersihan. Sehingga masyarakat atau pemohon tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Di lingkungan kantor tersebut juga sudah disediakan sabun antiseptik untuk para pemohon.

“Penyemprotan ini memang permintaan saya. Tadi pagi (kemarin) saya minta tolong ke PMI supaya disemprot cairan disinfektan,” sambungnya.

Staf Pelayanan Kesehatan Masyarakat PMI Kabupaten Tegal Ramdhon mengemukakan, penyemprotan cairan disinfektan ini tidak hanya dilakukan di kantor disdukcapil, tetapi juga di kawasan Terminal Bus Dukuhsalam, Slawi, dan kantor Samsat. Rencananya, pihaknya juga akan mendatangi sejumlah fasilitas umum untuk melakukan penyemprotan.

“Nanti kita juga akan ke masjid, gereja, dan beberapa tempat ibadah lainnya di wilayah Kabupaten Tegal,” ujarnya.

Dia menambahkan, bagi masyarakat yang tidak memiliki cairan disinfektan, maka bisa menggunakan cairan pemutih pakaian yang di dalamnya mengandung hipokrolit. Cara penggunaannya hampir sama, disemprotkan ke seluruh ruangan.

“Pakai alkohol yang kandungannya 70 persen juga bisa,” imbuhnya. Wing-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here