Pelaku UMKM mulai bangkit di era new normal, untuk memperbaiki perekonomian mereka. Foto: dok

JAKARTA (Jatengdaily.com)- Di tengah pandemi corona dan menuju era new normal (tatanan baru beradaptasi), kepedulian sejumlah pihak datang bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi.

Salah satunya, adalah dari Grab Indonesia yang meluncurkan platform baru lewat program bertajuk GrabMerchant. Dimana program ini adalah sebagai platform all in one yang mencakup aplikasi dan web portal.

Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, dalam siaran persnya menjelaskan, program ini akan dan bisa membantu para pelaku UMKM untuk mendigitalisasi operasional mereka secara menyeluruh.

Selain itu, juga menerima pembayaran digital melalui OVO, dan mengakses fitur-fitur yang dapat mengoptimalkan bisnis online mereka.

“Aplikasi GrabMerchant membantu mitra merchant dalam mengelola operasional bisnis sehari-hari dan mengakses fitur-fitur penunjang pertumbuhan bisnis. Sementara itu, web portal menyediakan informasi yang komprehensif mengenai kinerja bisnis di seluruh jaringan toko online yang mereka jalankan,” ujarnya.

Menurutnya, sebagian besar UMKM merupakan tulang punggung dari perekonomian Indonesia. Sayangnya,  sebagian besar masih dari mereka masih menjalankan usahanya secara offline.

Oleh karena itu, para pelaku UMKM ini harus segera melakukan transformasi digital atau akan tertinggal jauh dari UMKM lain yang sudah beralih ke online.

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM menyebut jika UMKM adalah sektor yang menjaga roda perekonomian tetap berputar. Oleh karena itu menurut dia, harus dipastikan keberlangsungan bisnis UMKM tetap berjalan di tengah masa transisi ke arah tatanan kehidupan baru atau new normal.

“Pandemi Covid-19 telah menunjukkan pentingnya digitalisasi. UMKM yang telah mengadopsi teknologi digital dapat terus beroperasi selama masa PSBB, dan  dapat meminimalisir dampak pandemi terhadap bisnis mereka,” terangnya. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here