Foto: AFP

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Kantor Imigrasi Kota Semarang memperketat pengawasan terhadap upaya pemulangan ratusan eks pengikut ISIS di manifest penumpang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya WNI eks ISIS yang masuk lewat jalur udara dan laut.

“Kita sebar tim pengawasan orang asing sudah bergerak untuk meningkatkan pengawasan terhadap manifes WNI yang datang dari luar negeri lewat jalur udara dan laut. Mereka yang datang akan dipantau dari sisi Intel, BIN, TNI, dan Polri,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kota Semarang, Doni Alfisyahrin saat dikonfirmasi, Selasa (11/2/2020).

Dia mengungkapkan akan menindak tegas eks ISIS yang bermasalah dengan hukum. Nantinya bila saat pemeriksaan terdapat temuan kasus berat tentunya akan mengeluarkan pencekalan.

“Yang jelas adanya rencana pemerintah untuk memulangkan eks ISIS ini harus kita pantau ketat. Tidak akan kita beri ruang bagi eks ISIS yang bermasalah untuk masuk ke wilayah Jawa Tengah,” ungkapnya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan sejumlah Kedubes guna mengawal eks pengikut ISIS yang berasal dari kalangan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang terkena penipuan selama masuk ke basis wilayah ISIS di Suriah.

“Ini sudah masuk lintas sektoral, jadi kita pantau semaksimal mungkin kantor kedutaan besar di beberapa negara,” ungkap Doni Alfisyahrin. Adri-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here