Penanganan Anak Tidak Sekolah (PATS) di Kabupaten Brebes terus dilakukan. Foto: dok

BREBES (Jatengdaily.com)- Institut Teknologi dan Bisnis Semarang (ITBS) sebagai mitra kerjasama UNICEF dengan Pemkab Brebes untuk Penanganan Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Brebes memberikan pendampingan ke masing-masing Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa Rencana Aksi Daerah (RAD) Penanganan Anak Tidak Sekolah (PATS) di Kabupaten Brebes berjalan sesuai dengan kesepakatan yang disusun sebelumnya pada tahun 2019, dan tahun 2020 ini dipastikan RAD PATS nya terlaksana dengan baik.

Pendampingan ini dilakukan oleh Bapperlitbangda setiap bulan sekali selama enam bulan, artinya setiap bulan ada kegiatan yang harus di dampingi baik pada programnya, bagaimana menindaklanjuti data yang sudah disusun itu ke dalam aksi yang berdampak, sehingga RAD PATS ini akan menjadi acuan bagi pihak OPD nya dalam melaksanakan program dukungan untuk mendukung Stranas PATS di Indonesia.

Kepala Bidang Pemsosbud Bapperlitbangda R Rela Rahayuningsih, S.Sos, M.Si mengatakan, bahwa  penyusunan RAD PATS di support oleh UNICEF pada tahun 2019, dan semua OPD yang menangani masalah Anak Tidak Sekolah menyusun bersama-sama sesuai dengan panduan dari Kementerian Bappenas.

”Strategi Nasional PATS yang disusun oleh beberapa kementrian di Indonesia untuk persoalan anak tidak sekolah menjadi sebuah dokumen penting bagi pelaksanaan di daerah, untuk Kabupaten Brebes yang sudah menyusun RAD PATS ini, mulai tahun 2020 kita lakukan pendampingan, namun karena terkendala pada kebijakan covid-19, sehingga ada beberapa RAD PATS yang harus di revisi, dan kegiatan pendampingan ini untuk memecahkan revisi RAD PATS disaat ada pandemi,” katanya, Rabu (01/07/2020).

Rela menambahkan, bulan Juli ini ada 4 OPD yang didampingi, yakni Dindikpora, Dinas Sosial, Dinpermasdes, Kemenag. Hanya satu OPD yakni Dinpermasdes yang  belum ketemu karen ada kegiatan di Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinpermasdes.

”Hasil pendampingan di tiga OPD menghasilkan kesepakatan untuk menindaklanjuti kegiatan yang di sepakati di RAD PATS walaupun sebagian besar dana terkena covid-19, namun tetap melaksanakan kegiatan tersebut dengan pola zoom meeting secara daring, Dindikpora melakukan pertemuan zoom meeting setiap jumat baik formal dan non formal selama bulan juli-agustus untuk melayani pengaduan, konsultasi dan konsultasi pemberkasan ATS GKB tahun 2020, Kemenag akan melakukan sosialisasi PATS dengan zoom meeting setiap hari senin, dan Dinas Sosial mengagendakan zoom meeting DTKS di 10 desa intervensi Pendidikan untuk semua yang masuk desa zona merah kemiskinan,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Dr. Jasman selaku Ketua LPPM ITB Semarang mengatakan, bahwa untuk keperluan zoom meeting bagi GKB di Kabupaten Brebes, pihaknya menyiapkan fasilitasi zoom meeting berbayar, kemudian nanti dalam bulan Juli ini ada beberapa kegiatan yang akan difasilitasi, seperti Workshop Pendidikan Untuk Semua dengan meriplikasi di 10 desa zona merah, selain ada pendampingan RAD PATS di OPD di Kabupaten Brebes, pihaknya juga akan melakukan upaya advokasi di Pemprov agar apa yang dilakukan oleh Pemkab Brebes dalam kegiatan GKB ini di sebarluaskan ke 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here