in

Jalur Rel Ganda Selatan Sepanjang 550 Km Dioperasikan

Pembangunan jalur rel ganda KA di sekitar Solo Balapan. Foto: dok.ditjen perkeretaapian

SOLO (Jatengdaily.com) – Jalur ganda selatan Jawa yang dibangun mulai 2015 dan mulai Kamis (8/10/2020) hari ini sudah dioperasikan secara parsial. Peresmian dilakukan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dsecara virtual di Stasiun Solo Balapan.

Jalur ganda kereta api selatan Jawa ini ini sepanjang 550 km dari Cirebon-Purwokerto-Kroya-Yogya-Solo-Madiun-Jombang. Menyisakan jalur sepanjang 65 km dari Jombang-Mojokerto-Wonokromo.” Harapannya dapat diselesaikan dalam waktu dekat,” ungkap Menhub.

Menurut Menhub, dengan proyek tersebut, pemerintah berhasil menyatukan tiga aglomerasi, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Yogyakarta, Solo, Semarang (Joglosemar), dan Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbangkertosusilo).

Jalur ganda tersebut, tambah Menhub, diyakini mampu menaikkan jumlah kereta api yang melintas yaitu dari 172/hari sebelum tahun 2015 dan saat ini menjadi 221 kereta api.

Dikatakan, ada tiga terowongan panjang yang dibangun pada proyek ini, yaitu Terowongan Notog, Kebasen, dan Ijo. Selain itu juga mampu membangun jembatan bentang panjang dan sistem persinyalan yang modern. Proyek ini menggunakan dana APBN sebesar Rp10 triliun

“Ini bukti nyata bahwa kita telah mampu menghasilkan karya besar yang patut dicatat dalam sejarah perkeretaapian di tanah air,” terangnya.

Dengan pengoperasian diharapkan mingkatkan level of service kereta api dari berbagai aspek seperti pengoperasian pelayanan dan keselamatan. yds

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Kalteng Disiapkan jadi Lumbung Pangan Baru

Mereka-reka UMP Jateng Pasca-penetapan UU Cipta Kerja