in

Jamaah Haji Butuh Pendampingan

Ketua Umum PP Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Ismed Hasan Putro menyerahkan pataka IPHI kepada Ketua Pengurus Wilayah IPHI Jateng periode 2020-2025 Harsono MBA pada upacara pelantikan di Hotel UTC Jalan Kelud Raya Semarang.Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Tengah terus bersinergi dengan pemerintah karena jamaah haji butuh pendampingan dan bimbingan, baik di tanah air saat keberangkatan, di tanah suci hingga kembali lagi ke kampung halaman dengan selamat.

‘’Sampaikan tata cara petunjuk ibadah haji atau manasik dengan bahasa simple yang mudah dimengerti oleh calon jamaah haji,’’ kata gubernur ketika memberi pengarahan pengurus IPHI se-Jateng dan peserta Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I di Hotel UTC Jalan Kelud Raya Semarang, kemarin.

Ganjar mencontohkan hal-hal kecil dan sepele perlu diberikan kepada calon haji. Misalnya cara menggunakan lift di penginapan, menggunakan peralatan kamar mandi dan tata cara selama dalam penerbangan di pesawat.

‘’IPHI bisa menggunakan media online dan offline untuk menyampaikan pesan apapun untuk menjaga kesejukan di masyarakat. Sebagai gubernur, saya dituntut untuk selalu menciptakan situasi yang kondusif di tengah masyakarat.  Saya harus menjaga keutuhan bangsa ini dari berbagai ancaman yang ada.  Saat ini ada banyak garis yang berbeda-beda, seperti ada garis lurus, garis kanan dan garis lucu. IPHI bisa ikut menciptakan situasi ini,” katanya sambil tertawa.

Menurut gubernur, persoalan yang muncul memang sepele-sepele. Bukan persoalan berat, namun itu benar-benar terjadi. ‘’Makanya ada proposal masuk ke kami agar kami beli pesawat untuk ditempatkan di Asrama Haji Donohudan. Tujuannya pesawat itu untuk digunakan simulasi, bagaimana cara masuk dan keluar pesawat, duduk dengan menggunakan sabuk pengamanan,’’ katanya.

Gubernur yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina PW IPHI  Jateng menyatakan, persoalan itu perlu disampaikan, karena organisasi ini bisa menjadi salah satu pintu pemecahan masalah bangsa. Apalagi IPHI mempunyai komunitas haji dan pengajian yang jumlahnya besar dan tersebar di seluruh Indonesia.  IPHI bisa menjadi marketing solusi bangsa yang luar biasa dan berkah.

“Kiai Hasyim Muzadi (mantan Ketua Umum PBNU) pernah ditanya, apa sih ciri-cirinya haji mabrur. Beliau menjawab simple, kalau setelah pulang haji dia lebih baik, termasuk baik dengan sesama manusia itu hajinya mabrur. Jadi bisa dilihat dari kesalehan sosialnya,” kata politisi PDIP itu.

Menurut Ganjar, mereka butuh pendampingan, pembelajaran dan pembiasaan. Karena mayoritas mereka yang akan haji juga baru pertama berhaji dan sudah usia lanjut.

Upacara Pelantikan

Upacara pelantikan pengurus PW IPHI Jateng dilakukan Ketua Umum PP IPHI Ismed Hasan Putro ditandai dengan pembacaan ikrar dan penyerahkan pataka kepada Ketua Pengurus Wilayah IPHI Jateng periode 2020-2025 Harsono MBA. Hadir pada kesempatan itu Sekjen PP IPHI HM Samidin Nashir, Ketua Umum MUI Jateng KH Ahmad Darodji, mantan Gubrnur Jateng Ali Mufiz, Ketua DPP MAJT Prof Dr H Noor Achmad MA, mantan Dirjen Bimas Islam Prof Dr H Abdul Djamil dan pengurus IPHI Kabupaten/kota se-Jateng.

Susunan PW IPHI Jateng 2020-2025 terdiri dari dewan penasehat (sebanyak 9 orang), dewan pembina (8 orang), pengurus harian (13 orang) dan pengurus biro (sebanyak 55 orang terbagi menjadi 11 biro). Untuk jumlah biro periode ini ada 11 dan itu lebih banyak dari periode kemarin.

Ketua PW IPHI Jateng Drs H Harsono MBA, Wakil Ketua I Prof Dr H Imam Taufiq MAg, Wakil Ketua II Drs H Muchtar Hadi MAg,  Wakil Ketua III Drs HM Nur Fauzan Ahmad MA, Wakil Ketua IV H Ferry Firmawan Ph.D, Wakil Ketua V Dr Hj Yuyun Affandi, LC MA.

Sekretaris Dr H Ali Imron, Sag, SH, MAg, Wakil Sekretaris I Dr H Ahmad Tajuddin Arafat MSi, Wakil Sekretaris II Drs H Nurbini, MAg, Wakil Sekretaris III HM Hakim Junaedi, MAg.

Sebagai Bendahara Ir Hj Rita Ermawati, MM, Wakil Bendahara I Dra Hj Sri Tantowiyah, Wakil Bendahara II Ir H Choirul Ihsan.

Ketua Umum PP IPHI Ismed Hasan Putro mengatakan, di bawah kepemimpinanya dia berkonsentrasi dalam pengembangan ekonomi umat dengan membuat air mineral haji, beras haji, garam haji dan berbagai usaha lainnya.

‘’Kami fokus merebut pundi-pundi ekonomi umat yang masih dikuasai oleh orang-orang yang tidak membayar zakat,’’ kata Ismed. IPHI juga mendapat kepercayaan dari BRI untuk menyalurkan kredit kepada anggotamya sebesar Rp 1,2 triliun. Pihaknya juga menyampaikan pada 10-12 April 2020 akan menggelar Muktamar IPHI di Surabaya. Dilanjutkan pertemuan pengusaha IPHI se-Indonesia di Makassar, Rakernas dan Expo Haji di Jakarta.

Ketua PW IPHI Jateng Harsono MBA mendukung langkah pusat untuk konsentrasi dalam penguatan ekonomi umat dengan   memasarkan air mineral haji, beras haji, gula dan garam haji,  media online (hajinews), haji bayar dan lain-lain. ‘’Mari kita dukung pelaksanaannya agar program ini berhasil dengan baik,” kata Harsono.

Pada kesempatan itu Harsono menyerahkan bantuan dari IPHI Jateng kepada korban banjir Jakarta sebesar Rp 23,5 juta yang diterima Ketua Umum PP IPHI Ismed Hasan Putro. Ugl–st

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Penting, Perkenalkan Sastra Sejak Usia Dini

Diperankan Bukan Artis Kondang, Film Jejak Langkah 2 Ulama Ternyata Keren