Jateng Siap Kirim Bantuan Banjir Jakarta

Kepala BBWS Pemali Juana, Ruhban Ruzziatno berbincang dengan Gubernur Ganjar Pranowo di atas rumah pompa Kali Tenggang, Kamis (2/1/2020). Foto:ist


SEMARANG (Jatengdaily.com) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan siap memberikan bantuan untuk penanganan banjir di Jakarta. Sejumlah personel, peralatan dan logistik siap dikirimkan ke daerah-daerah yang terkena bencana banjir tersebut.

Hal itu disampaikan Ganjar saat meninjau rumah pompa di Kali Sringin Kota Semarang, Kamis (2/1/2020). Pada prinsipnya, Jateng lanjut dia selalu standby dan siap apabila diminta membantu daerah lain.

“Kami prinsipnya standby. Kalau dibutuhkan, kami siap kirim personel ke Jakarta dan sekitarnya. Apalagi ini kan jaraknya dekat,” kata Ganjar.

Gubernur Jateng didampingi Wali Kota Semarang, Kalakhar BPBD Jateng, BPBD kota Semarang, BBWS dan dinas terkait meninjau rumah pompa Kali Tenggang dan Kali Sringin, sebagai antisipasi datangnya musim hujan.

Menurut Ganjar, pengiriman pasukan untuk membantu bencana ke berbagai daerah sudah sering dilakukan. Saat bencana di Lombok, Sigi, Palu dan daerah lain misalnya, Jateng juga bergerak untuk mengirimkan personel dan juga bantuan lainnya.

“Kami siap memberikan bantuan sebagai suatu bentuk bahwa sakitnya kita semuanya,” tegasnya.

Ganjar pun meminta semua masyarakat untuk menghentikan caci maki dan hujatan kemarahan terkait bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya.

“Hentikan caci maki, marah-marah. Mari kita perbanyak gotong royong untuk menolong. Jateng iap membantu jika dibutukan di Jakarta, Depok, Tangerang dan sebagainya. Personel kami sudah siap, sebagian kami siapkan untuk standby di Jateng,” tambahnya.

Sekadar diketahui, bencana banjir melanda sebagian wilayah di Jakarta, Depok dan Tangerang. Ketinggian air menyebabkan ribuan orang terpaksa mengungsi.

Terbatasnya personel membuat penanganan banjir di berbagai daerah itu menjadi terhambat. Selain itu, curah hujan yang tinggi membuat genangan semakin meluas.

“Kalau logistik saya yakin Jakarta sudah siap. Yang dibutuhkan sekarang kan mungkin personel. Tapi kalau memang dibutuhkan logistik juga, kami siap bantu,” pungkas Ganjar. Ugl–st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here