Kereta Api Kaligung bernomor seri Ka-280 jurusan Brebes-Stasiun Poncol mogok di dekat Stasiun Kalibodri-Kaliwungu, penumpang dialihkan dengan loko pertolongan. Foto: adri

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Kereta Api Kaligung bernomor seri Ka-280 jurusan Brebes-Stasiun Poncol mogok di dekat Stasiun Kalibodri-Kaliwungu, Senin (3/2/2020) pukul 07.00 WIB.

Tim KAI lalu mengecek ke lokasi kejadian ditemukan mesin lokomotifnya yang bermasalah.

Menurut penuturan Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro, saat kejadian seorang masinis KA Kaligung dengan nomor seri Koko CC 2040301 mengalami penurunan tekanan pada tangki utama sampai batas 70 psi.

“Kondisi kereta langsung berhenti luar biasa di titik KM 20+300. Lalu dilakukan pengecekan pada rangkaian keretanya,” kata Kris, Senin (3/2).

Dia mengungkapkan, kereta mogok, masinis meminta untuk kirimkan lokomotif penolong yang diberangkatkan dari Poncol. Selanjutnya petugas di lapangan melakukan pemasangan gandeng loko

Dari kondisi tersebut, masinis mendapati tekanan pada tangki utama masih turun. Masinis kemudian meminta dikirimkan sebuah loko penolong.

Sekitar jam 08.13, sebuah lokomotif pertolongan yang diberangkatkan dari Poncol. Dan tiba pada jam 09.05. Selanjutnya petugas di lapangan melakukan pemasangan gandeng loko. “Di lokasi, kita juga mengatur masa tekanan udara untuk sistem pengerem ulang,” jelasnya.

Ia pun mengonformasi bahwa pada pukul 09.10 pagi tadi, rangkaian KA Kaligung kembali diberangkatkan. Dari kejadian itu, KA Kamandaka dan KA peti kemas mengalami keterlambatan perjalanan.

“Kamandaka telat 28 menit. Kereta peti kemas juga telat 56 menit,” tandasnya.

Sementara itu, tidak ada penumpang yang dialihkan, karena masih memungkinkan untuk perjalanan dengan loko pertolongan. Adri-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here