Mahasiswa FIK Unissula. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Dua hari usai wisuda langsung mendapat pekerjaan tentu ini pengalaman menyenangkan. Pengalaman itulah yang dialami oleh 26 alumni Prodi DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Unissula setelah dua hari diwisuda mereka langsung dilepas fakultas untuk bekerja di RSI Sari Asih Group Ciputat pada 27 Oktober 2019. Menariknya program tersebut telah berjalan sejak 2012.

Ternyata menurut Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Iwan Ardian SKM MKep kerjasama dengan Sari Asih Group Ciputat merupakan satu dari sekian banyak kerjasama FIK Unissula dengan partner baik di dalam maupun luar negeri yang memungkinkan lulusan keperawatan Unissula bisa cepat mendapat pekerjaan. Lantas apa sih keistimewaan lain dari fakultas ini mari kita kupas lebih dalam.

Prodi S1 Keperawatan FIK Unissula mempunyai jenjang pendidikan akademik dan program pendidikan profesi. Program akademik menggunakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Tiap Modul diintegrasikan dengan muatan keislaman (Islam Disiplin Ilmu).

Model pembelajaran dalam kelompok kecil (12 orang/ kelompok) menggunakan kelas-kelas kecil. Tiap kelompok diskusi didampingi oleh seorang tutor sehingga mahasiswa akan lebih fokus dalam memahami materi pembelajaran. Dalam prose diskusi tersebut mahasiswa yang berperan aktif (Student Center Learning/SCL). Sehingga mahasiswa dituntut melatih kemampuan analitiknya selama proses pembelajaran.

Pada tahap akademik, mahasiswa disamping mendapatkan pembelajaran KBK di kampus juga mendapatkan praktek laboratorium dan praktek klinik di berbagai rumah sakit dan Puskesmas. Sebelum lulus tahap akademik, mahasiswa dibekali dengan pelatihan kegawat daruratan (BTCLS) yang tersertifikasi Internasional. Tahap program profesi, mahasiswa menyelesaikan 36 SKS profesi dengan empat SKS peminatan yang diarahkan pada peminatan yang bersertifikasi Nasional untuk memberikan bekal ketrampilan.

Sedangkan untuk D3 Keperawatan, perkuliahan yang ada disemester 1 sudah menggunakan kurikulum tahun 2013 dengan pendekatan KBK. Mulai tahun ajaran baru 2014/2015 D3 Keperawatan menerapkan KBK dengan pendekatan Problem Based Learning sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh AIPDIKI bekerjasama dengan PPNI, Kementrian Kesehatan dan Kementrian Pendidikan Nasional.

Kurikulum berbasis kompetensi merupakan kurikulum yang dikembangkan berdasarkan pada kemampuan atau tindakan cerdas penuh tanggung jawab dari profesi tertentu dalam melaksanakan tugasnya di tempatnya yang didasarkan pada empat pilar (The Four Pillars Of UNESCO) dimana seorang yang kompeten harus memenuhi persyaratan.

Sedangkan untuk memperoleh Sarjana Keperawatan (Skep), seorang mahasiswa pada prodi Ners FIK Unissula harus menyelesaikan minimal 144 SKS yang terdiri atas mata kuliah teori, praktikum, praktik, dan praktik kerja. Akhir proses pembelajaran mahasiswa membuat skripsi.

FIK memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri, seperti University of the Philippines Manila, Ramon Magsaysay University Manila, UNTAS (Tasmania), Dongseo University Korea, Naresuan University Thailand, Rotterdam University Belanda dan lainnya.

FIK Unissula juga bekerjasama dengan berbagai rumah sakit sebagai mitra untuk penempatan praktek mahasiswa dan penyaluran tenaga profesi. Di antaranya: RS Islam Sultan Agung, RS Internasional Awal Bross Batam, RS Internasional Awal Bross Pekanbaru, RS Internasional Awal Bross Panam, RS Dr. Adyathma , MPh, RS. Kota Semarang, RSUD Ungaran, RSUD Salatiga, RSUD Ambarawa, RSUD Salatiga, RSUD Demak, RSUD Kudus, RSUD Kendal, RSI Kendal, RSJ Amino Gondoutomo, RS Keluarga Sehat Pati, RS Qolbun Insan Mulia (QIM) Batang, RSU Islam Harapan Anda Tegal, RS PKU Muhammadiyah Cepu, URESOS Pucang Gading, Puskesmas Mangkang, Puskesmas Bangetayu, Puskesmas Genuk, Puskesmas Bandar Harjo, Puskesmas Srondol, DKK Semarang dan lainnya.

Lulusan prodi S1 Keperawatan mempunyai peluang bekerja di dalam negeri dan beberapa RS berstandar Internasional, seperti : RS JIH Jogja, RS Internasional Awal Bross Batam dan Pekanbaru, selain itu juga bekerja di Luar Negeri seperti MMC (Mekkah Medical Center) dan RS Qatar. Masa tunggu dalam memperoleh pekerjaan bagi lulusan relatif pendek, berdasarkan penelusuran alumni sampai angkatan ke-4 sudah terserap/mendapatkan pekerjaan sekitar 85% dan pekerjaan lulusan sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki.

Sedangkan lulusan prodi D3 Keperawatan masih banyak dibutuhkan oleh stakeholder, karena tenaga keperawatan terdiri dari perawat vokasional (lulusan D3 Keperawatan) dan perawat profesional (lulusan S1, S2 maupun S3 Keperawatan). Seperti halnya lulusan S1 Keperawatan, lulusan D3 Keperawatan juga mempunyai peluang bekerja di Luar Negeri (Internasional) berdasarkan penelusuran alumni tercatat bahwa banyak alumni D3 Keperawatan yang bekerja di RS di negara-negara Timur Tengah seperti di Abudhabi, Qatar, Mesir dan lainnya. Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula dengan mendaftar segera secara online di: pmb.unissula.ac.id (jalur raport) atau melalui sekolah mitra pmb.unissula.ac.id (pendaftaran mitra). Sekarang cukup daftar online dan registrasi dari rumah, informasi lebih lanjut hotline 08122011062. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here