Yosafat Gusni Ryan Pradana (kiri) dalam pelaksanaan kegiatan KKN. Foto: dok

SOLO (Jatengdaily.com) – Pandemi COVID-19 bukan menjadi halangan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) untuk tidak mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program KKN berjudul “UNS Tanggap Wabah COVID-19” ini memiliki format yang tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Jika pada tahun sebelumnya KKN dilakukan secara berkelompok, pada pelaksanaan KKN UNS Covid-19 ini dilakukan secara individu di tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Dalam pelaksanaannya pun, peserta KKN COVID-19 tetap harus mematuhi protokol-protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Salah satu peserta KKN Covid-19 bernama Yosafat Gusni Ryan Pradana yang juga merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan KKN yakni Dr. Suryadi Budi Utomo, S.Si, M.Si. melaksanakan berbagai program kerja dalam rangka melaksanakan KKN COVID-19.

Pelaksanaan program kerja dengan tema pemahaman masyarakat akan corona tersebut dilaksanakan di Perumahan Bumi Asri 1 RW 10 Dusun Padokan dan daerah sekitarnya. Berbagai program kerja yang sudah dijalani dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19 ini adalah penyampaian edukasi akan pemahaman corona dimana edukasi ini disampaikan secara daring memanfaatkan berbagai sosial media yang ada sekarang seperti Instagram, Whastapp dan Line.

Selain secara daring, penyampaian edukasi juga dilakukan secara luring dengan menggunakan poster dan banner sebagai medianya yang ditempelkan di tempat-tempat umum seperti Pos Ronda & Gapura Perumahan Bumi Asri 1 dan papan pengumuman Solo Grand Mall.

Kemudian selain penyampaian edukasi, mahasiswa peserta KKN tersebut juga mengadakan pembagian masker, hand sanitizer serta tempat cuci tangan portable untuk dibagikan kepada warga sebagai wujud penerapan hidup bersih dan sehat untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Dengan berbagai macam program kerja tersebut, diharapkan agar masyarakat dapat paham akan pentingnya penerapan hidup bersih dan sehat supaya terbebas dari serangan virus COVID-19. Program KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19 ini pun merupakan bentuk dukungan UNS kepada Pemerintah Indonesia uuntuk membantu memberantas virus COVID-19.

Penulis, Yosafat Gusni, mahasiswa UNS-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here