KSBN Jateng Bantu Seniman Terdampak Corona

0
47
Sekretaris I KSBN Jateng Agus Susantijono didampingi sekretaris II Mochamad Ainan menyerahkan bantuan kepada seniman terdampak corona anggota Sanggar Budaya Boja Laras, Kendal, yang diterima koordinatornya Susanto Wedi.Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Jawa Tengah terpanggil untuk membantu para seniman yang terkena dampak pandemi corona atau Covid-19. Mereka terpaksa harus kehilangan penghasilan karena tidak bisa pentas akibat pembatalan atau penundaan pertunjukan dan festival seni.

Ketua Umum KSBN Jateng Prof Dr Sri Puryono KS mengatakan, banyak para seniman di provinsi ini yang hidupnya total terjun dalam kesenian. Meskipun penghasilan dari berkesenian sering tidak mencukupi, namun mereka setia dan konsisten demi pemajuan kebudayaan.

“Akibatnya, ketika wabah virus corona terjadi, mereka kehilangan mata pencaharian, sehingga perlu dibantu. Meskipun, karena keterbatasan, KSBN Jateng tidak bisa menjangkau kepada seluruh seniman di wilayah ini,” katanya.

Penyerahan bantuan berupa beras 5 kilogram kepada masing-masing seniman dilakukan oleh Sekretaris I KSBN Jateng Agus Susantijono didampingi sekretaris II Mochamad Ainan di sekretariat organisasi tersebut, Manyaran, Semarang, Jumat, (22/05).

Para seniman yang dibantu adalah para anggota Sanggar Budaya Boja Laras, Kendal, pimpinan Susanto Wedi, Kelompok Warung Keroncong, Semarang, pimpinan Setyanto, Komunitas Seni Sobokartti, Semarang, yang dikoordinasi Erna, dan Komunitas Seni  Ambarawa yang dimotori Renggo Dumadi. “Semuanya berjumlah 70 seniman,” ujar Agus.

Ketua III KSBN Jateng Gunoto Saparie menambahkan, bantuan ini jumlahnya memang tidak seberapa. Namun, dengan semangat kegotongroyongan dan kebersamaan, semoga memberikan manfaat bagi para seniman yang menderita di tengah wabah virus corona ini. ugl–st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here