Mahasiswa UIN Walisongo Semarang lakukan KKN. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Mahasiswa UIN Walisongo Semarang ikut dampingi anak-anak dalam tradisi golok-golok menthok di Dukuh Jatisari, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Rabu (28/10/20)

Tradisi golok-golok menthok merupakan tradisi khas orang Kudus dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Setiap tahunnya, tradisi ini diadakan pada malam ke-12, bulan Rabi’ul Awal.

“Golok-golok menthok merupakan tradisi dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang harus kita jaga dan lestarikan. Tradisi ini merupakan bentuk kecintaan kita kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Maka, diharapkan dari adanya tradisi ini, anak-anak sudah diperkenalkan dengan Nabinya sedini mungkin, dan nantinya bisa meneladani akhlak dan sifat baik dari Rasulullah SAW.” Ungkap Akhrozi, S. Pd, selaku tokoh masyarakat dukuh Jatisari

Dalam tradisi Golok-Golok Menthok di dukuh Jatisari, biasanya anak-anak membawa bekal sendiri-sendiri dari rumah, biasanya berisi jajan pasar dan diletakkan dalam tempat anyaman dari bambu, yang berwarna merah dan hijau atau berisi nasi yang dibungkus seperti bekal biasanya. Setelahnya, anak-anak kemudian berjalan memutari kampung sambil menyenandungkan lagu Golok-golok menthok hingga menuju masjid. Setelah sampai di masjid, akan dido’akan oleh tetua kampung.

Golok-golok menthok, bancaane cah wedhok, cah lanang ra entuk njanthok, nek njanthok udele kethok. (Golok-golok menthok, selamatannya anak perempuan, anak laki-laki tidak boleh minta, kalau minta pusarnya kelihatan)

“Meski lagu golok-golok menthok ditujukan untuk anak perempuan, tapi dalam pelaksanaanya, anak laki-laki pun boleh ikut. Tradisi ini merupakan tradisi yang sangat unik dan mengandung kearifan lokal daerah setempat, maka sepatutnya kita sebagai generasi muda ikut menjaga dan melestarikan tradisi tersebut.” Imbuh Septia Aisyah, salah satu anggota KKN RDR 75, UIN Walisongo Semarang.

Penulis: Septia Aisyah Rusda, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here