Mahasiswa KKN UIN Walisongo Padukan Pengajian dan Gamelan

Penampilan gamelan dalam memperingati Hari Santri Nasional 2020 yang digelar mahasiswa KKN UIN Walisongo dan IPNU-IPPNU PR di Balapulang Wetan, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Foto: dok

TEGAL (Jatengdaily.com) – Untuk memperingati Hari Santri Nasional 2020 IPNU-IPPNU PR Balapulang Wetan, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal dan mahasiswa KKN UIN Walisongo mengadakan perayaan yang sangat sederhana dan unik.

Kegiatan tersebut pengajian dan penampilan gamelan yang dimainkan oleh rekan-rekanita IPNU-IPPNU PR Balapulang Wetan. Acara ini dilaksanakan sederhana dikarenakan kondisi sedang pandemi COVID-19, namun acara dlaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Acara ini dihadiri oleh ketua Fatayat ranting Balapulang Wetan , pengurus ranting NU Balapulang Wetan, ibu-ibu Jamiyah Nurul Iman, dan warga sekitar RT5/RW9 Balapulang Wetan.

Untuk acara puncak yaitu ceramah dari gus Muhammad Aqib Malik dan ceremony launching buku “Susul Sesal” yang merupakan karya rekan-rekanita IPNU-IPPNU PR Balapulang Wetan.

Perayaan Hari Santri ini mendapat respon positif dari warga sekitar, menurut Khodijah (46), acaranya bagus dan unik karena ada gamelan sebelum dan sesudah acara. Apalagi yang menggerakkan anak-anak muda jadi ada bukti semangat hari santri dari anak-anak Balapulang Wetan.

” Selain itu banyak warga sekitar yang meminta untuk diadakan setiap tahunnya dengan meriah lagi. Semoga tahun depan bisa diadakan lebih meriah lagi” pungkasnya.

Penulis: Okfiana Permatasari-yds