Mahasiswa KKN Undip Latih Ketrampilan bagi Karang Taruna

0
90

UNGARAN (Jatengdaily.com)- Kegiatan Karang Taruna rutin dilakukan setiap sebulan sekali di Desa Piyanggang, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Pada tanggal 28 Januari 2020 dilakukan kegiatan Karangtaruna, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) turut berpartisipasi dalam kegiatan karang taruna tersebut.

Salah satunya adalah mengedukasi terkait bagaimana cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa Piyanggang. Yaitu salah satunya dengan memanfaatkan ember plastik untuk membuat produk kursi tong di desa Piyanggang.

Kegiatan ini pun juga didukung oleh Tim yang terdiri dari Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Ir RTD Wisnu Broto MT, Dr Dra Wilis Ari Setyati MSi, Bagus Rahmanda SH MH dan Fahmi Arifan ST MEng beserta Tim KKN 1 Undip (Andre, Ilham, Roy, April, Rika, Riva) desa Piyanggang Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang menjelaskan bahwa dengan adanya kursi tong dapat mengurangi jumlah sampah anorganik terutama plastik yang susah terurai.

Kaleng atau ember cat bekas biasanya banyak ditemukan dilokasi proyek atau ketika sobat merenovasi rumah. Ember wadah cat yang berukuran besar memang biasanya dimanfaatkan kembali sebagai wadah, mulai dari wadah air, beras dan lain sebagainya. Sampah ember cat bisa dikatakan sebagai barang yang mudah dimanfaatkan karena tanpa diapa-apakan pun sudah bisa digunakan untuk hal yang berguna.

Ember cat belum dimanfaatkan secara maksimal, sehingga perlu adanya edukasi kepada karangtaruna untuk mendaur ulang Ember cat untuk menjadi produk kursi tong unik yang bernilai jual tinggi. Diharapkan dengan adanya edukasi ini dapat meningkatkan kreatifitas dan perekonomian warga Piyanggang itu sendiri. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here