KKN Undip di Desa Kebonagung, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, membantu masyarakat mencari solusi agar limbah plastik dapat dikelola. Foto: dok

UNGARAN (Jatengdaily.com) – Diketahui limbah plastik terus menumpuk pada desa Kebonagung, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Menyusul hal itu,  mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan tim pengabdian yang terdiri dari Dr Dra Wilis Ari Setyati MSi, Bagas Rahmanda SH MH, Ir RTD Wisnu Broto MT, Fahmi Arifan ST MEng membantu masyarakat mencari solusi agar limbah plastik dapat dikelola.

Jika paving block yang umumnya dibuat dari pasir dengan menggunakan semen sebagai bahan pengerasnya tetapi kali ini berbeda. Mahasiswa KKN Tim I Undip yang bernama Akwila Gozion dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan memberikan ide kreatif kepada masyarakat untuk mengolah limbah tersebut menjadi barang yang memiliki nilai.

Mahasiswa tersebut mendapatkan informasi dari ketua dusun Kebonagung bahwa sampah yang ada dilingkungannya cenderung bertambah seiring berjalannya waktu, dan kepala dusun tersebut mengatakan bahwa limbah plastik tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar saja, bahwa yang dapat kita ketahui membakar sampah itu akan membuat udara menjadi tercemar.

Selain mencemari udara akibat dari asap tersebut dapat mengakibatkan gangguan pernafasan pada lingkungan sekitar. Maka dari itu mahasiswa tersebut memberikan solusi terhadap masyarakat yang berada di desa Kebonagung untuk mengolah sampah tersebut menjadi Paving Block yang memiliki beragam fungsi.

Pada tanggal 29 Januari 2020 tepatnya pada pukul 13.30 WIB mahasiswa KKN tersebut melakukan sosialisasi tentang dampak buruk limbah plastik terhadap lingkungan dan menjelaskan cara pembuatan paving block dari limbah plastik.

Acara tersebut diikuti oleh warga desa Kebonagung serta didampingi oleh Kepala Desa Kebonagung. Antusias warga sangat tinggi akan kegiatan tersebut karena sangat bermanfaat bagi lingkungan mereka ke depannya. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here