Mahasiswa KKN Undip Sosialisasi Bikin Ecobrick di Tegal

0
252
Mahasiswa KKN Undip sosialisasi ke warga untuk membuat ecobrick di Desa Balapulang, Kabupaten Tegal. Foto: dok/Tim KKN Undip

TEGAL (Jatengdaily.com) – Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) Semarang belum lama ini melakukan sosialisasi membantu warga di Desa Balapulang Kulon, Kabupaten Tegal belajar cara membuat ecobrick, botol berisi sampah yang dipadatkan. Sampah tersebut berasal dari Bank Sampah Desa.

Hapsari Wildaningrum, mahasiswi teknik sipil Undip, pemateri ecobrick, mengatakan ecobrick bisa menajdi solusi penanganan sampah sekaligus dapat menjadi opsi untuk menambah pendapatan masyarakat di Balapulang Kulon.

Menurut dia, botol-botol yang sudah terisi sampah dapat dimanfaaatkan untuk diubah ke bentuk lain oleh Bank Sampah Desa. Warga hanya perlu menyetorkan ecobrick ke Bank Sampah milik desa untuk diuangkan dalam bentuk tabungan, tabungan ini nantinya dapat diambil setahun sekali. Kemudian ecobrick yang dikumpulkan oleh Bank Sampah Desa dapat disusun menjadi kursi, meja atau aksesoris yang bernilai ekonomis.

Selain sosialisasi cara pembuatan ecobrick , mahasiswa KKN Undip juga memberikan materi cara memasarkan produk ecobrick melalui internet. “Yang kita butuhkan saat ini adalah konsumen untuk produk kami, mbak. Apalagi ada pasar lobal ini,” ujar salah satu pengurus Bank Sampah Desa.

Menjawab pertanyaan warga, Trisna Puspasari, mahasiswi manajemen Undip mencoba untuk memperkenalkan dan mengajak warga untuk berwirausaha dalam ranah E-commerce guna memperluas pasar dan masuk ke dalam persaingan pasar global.

“Diharapkan melalui materi mengenai E-commerce dapat mendorong masyarakat menggunakan platform toko online, khususnya untuk memasarkan produk Ecobrick dari Bank Sampah Desa “ ujar Trisna. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here