Ketua Prodi MKn Unissula, Dr Akhmad Khisni SH MH saat membuka matrikulasi. Foto: she

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Kuliah perdana mahasiswa Program Studi S2 Magister Kenotariatan (MKn), Fakultas Hukum, Unissula Semarang, diawali dengan matrikulasi, Sabtu (14/3/2020), bertempat di kampus Jalan Kaligawe.

Matrikulasi diisi dengan sejumlah materi pengenalan yang dibawakan oleh sejumlah dosen. Sedangkan pembukaan matrikulasi oleh Ketua Program Studi S2 MKn, Fakultas Hukum (FH) Unissula Semarang, Dr Akhmad Khisni SH MH.

Menurutnya, untuk menjadi Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) ada tiga modal utama. Masing-masing adalah mampu berbicara, menggunakan otak dengan jernih dan baik, dan berbadan sehat.

Sebab, kelak profesi Notaris dan PPAT ini berkaitan dengan pembuatan akta otentik dan surat berharga, sesuai peraturan perundang-undangan, sehingga butuh keahlian khusus. Oleh karena itu, mahasiswa Program Studi S2 Magister Kenotariatan (MKn), harus dibekali ilmu yang mumpuni untuk melayani masyarakat.

Mahasiswa angkatan ke-15 ini berjumlah 65 orang dan berasal dari seluruh Indonesia, baik tempat tinggalnya, maupun asal lulusannya, yakni Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan PT Swasta.

Sedangkan sampai saat ini yakni di usianya yang ke 7 tahun, MKn Unissula sudah meluluskan 570 Notaris dan PPAT yang membuka kantor di seluruh Indonesia.

MKn Unissula satu-satunya PTS se-Indonesia yang membuka program MKn yang terakreditasi A, baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN -PT) maupun dari akreditasi luar negeri, dengan nilai Premier (A) dari badan akreditasi internasional, Accreditation Service of International School, Colleges & University (ASIC), Inggris.

Di Indonesia sendiri ada 38 Perguruan Tinggi yang membuka Prodi MKn, dengan rincian 20 PTN dan 18 PTS.

Sedangkan yang terakreditasi A dari BAN-PT, ada lima. Maisng-masing adalah MKn Unissula Semarang, Mkn Universitas Indonesia (UI) Jakarta, MKn Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, MKn Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, dan MKn Universitas Padjajaran (Unpad) Yogyakarta. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here