Mahasiswa Pertanian UNDIP Kenalkan Teknik Hidroponik di Panti Asuhan

Kegiatan sosial bertajuk Mari Menanam Sejak Dini di Panti Asuhan Darul Quro', Gunungpati, Semarangb elum lama ini. Foto: ist

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Himpunan Mahasiswa Departemen Pertanian FPP Universitas Diponegoro (UNDIP) berkolaborasi dengan Komunitas Kejar Mimpi Semarang, mengadakan kegiatan sosial bertajuk Mari Menanam Sejak Dini. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama anak-anak di Panti Asuhan Darul Quro’, Gunungpati, Semarang belum lama ini.

Sebanyak 40 orang anak di panti tersebut sangat antusias mengikuti kegiatan sosial tersebut. Beberapa kegiatan yang dilakukan di acara tersebut yaitu pengenalan tentang pertanian dan praktik menanam menggunakan media hidroponik.

Muhammad Ulil Ilmi, selaku ketua dari Himpunan Mahasiswa Departemen Pertanian FPP UNDIP menyampaikan bahwa program kegiatan dengan tema Mari Menanam Sejak Dini ini mengajarkan teknik menanam dengan mudah dan sederhana, serta memberikan pengalaman baru bagi anak-anak di panti.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan anak-anak tentang teknik menanam dengan mudah dan simple, serta dapat memberikan pengalaman baru bagi mereka,” ujarnya.

Lalu, ia juga menambahkan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan sosial ini untuk mengenalkan bidang pertanian kepada anak-anak sejak dini.

“Kami ingin mengenalkan bidang pertanian kepada anak-anak panti sejak dini,” ungkap ketua Himpunan Mahasiswa Departemen Pertanian FPP UNDIP tersebut.

Salah satu perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Departemen Pertanian FPP UNDIP, Taqiuddin Rizky Anggoro, turut memberikan edukasi dan penjelasan kepada anak-anak di panti mengenai penanaman sayuran dengan cara hidroponik. Kemudian, mereka juga mempraktikkan secara langsung mengenai metode penanaman tersebut dengan berbagai jenis tanaman, seperti sawi sendok dan kangkung.

Ghozali, selaku pengurus dari Panti Asuhan Darul Quro’ berharap bahwa kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi anak-anak serta mereka dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk masa depannya.

“Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi anak-anak, serta ilmu yang sudah mereka miliki dapat diterapkan untuk masa depan,” jelas beliau.

Syarif Hidayatullah, selaku leader komunitas Kejar Mimpi Semarang juga berharap bahwa setelah diadakannya kegiatan praktik menanam dengan teknik hidroponik ini dapat membantu meningkatkan kondisi perekonomian dan memenuhi kebutuhan sehari-hari di panti tersebut.

Kemudian, rangkaian acara tersebut diakhiri dengan pemberian donasi berupa sembako dan perlengkapan ibadah dari Himpunan Mahasiswa Departemen Pertanian FPP UNDIP dan komunitas Kejar Mimpi Semarang kepada pihak Panti Asuhan Darul Quro’. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here