Masa Pendemi Covid, Permintaan Pasang Baru Indihome Naik 75 Persen

EVP Telkom Regional Jateng dan DIY, Djatmiko menyerahkan bantuan paket sembako di kantor Telkom Jl Pahlawan Semarang, Rabu (20/5). Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Pada masa pandemi virus corona yang menekan banyak aktivitas ekonomi ternyata memiliki dampak positif untuk sejumlah perusahaan. Salah satunya adalah PT Telkom. Perusahaan ini merupakan perusahaan vital yang sangat membantu dan dibutuhkan masyarakat di tengah pandemi virus corona.

Executive Vice President (EVP) Telkom Regional Jateng & DIY, Djatmiko mengakui, pada masa pandemi Covid-19, terdapat peningkatan transaksi permintaan pasang baru  (PSB) Indihome sebesar 75 persen per hari. Meski demikian, lanjut Djatmiko, kebutuhan internet tinggi, namun kemampuan daya beli masih rendah, sehingga kenaikan trafik tidak berbanding lurus dengan revenue.

”Kenaikan trafik internet akibat penerapan kebijakan pemerintah di rumah saja pada masa pendemi Covid-19 di area pemukiman 5-10 persen. Lonjakan trafik ini didominasi oleh bertumbuhnya pengguna aplikasi belajar online, konferensi video, instant messaging, game online dan video streaming,” tegas Djatmiko usai menyerahkan bantuan paket lebaran dan paket sembako di kantor Divre Jateng dan DIY, Rabu (20/5).

Dia menambahkan, untuk memenuhi pelayanan yang optimal bagi pelanggan Indihome, Telkom telah mengimbanginya dengan berbagai komitmen pelayanan yang memadai, di antaranya melakukan satu strategi memperluas cover area jaringan fiber optik (FO). Hingga saat ini di area Jateng dan DIY sudah 95 persen sudah menggunakan jaringan FO.

”Pasca terdampak Covid akan ada ‘The New Normal’. Kondisi ini prosesnya panjang dan tidak cepat pulih seperti semula. Maka budaya pada pasca Covid juga harus berubah. Karena untuk menuju normal dari Covid butuh waktu panjang, sehingga kebutuhan internet sangat diperlukan. Sehingga sebagai BUMN di bidang jasa telekomunikasi harus berada di garda terdepan,” ujar Djatmiko.

Berbarengan dengan kegiatan penyerahan bantuan sembako, Telkom Divisi Regional Jateng dan DIY, juga  melakukan rapid test sebanyak 100 orang bagi internal dan mitra.  Sedangkan pembagian bantuan 1.250 paket lebaran disalurkan kepada yatim piatu di area Jateng dan DIY, meliputi 28 panti asuhan. Enam di antaranya di DIY, dan sebanyak 22 panti asuhan berada di Jateng yang tersebar di tujuh witel.

Selain membagikan paket Lebaran, juga mengadakan program 3.500 paket sembako. Pada tahap pertama 600 paket dibagikan di area  Solo, periode kedua 800 paket meliputi Kudus, Semarang, Pekalongan, dan Purwokerto. ”Dalam waktu bersamaan, teman-teman Yankes Telkom juga memberikan APD dan paket lebaran kepada 10 rumah sakit,” ujar Djatmiko.

Penyaluran bantuan paket Lebaran dan sembako dilakukan secara serentak di tujuh lokasi kantor Telkom regional, meliputi Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan dan Makassar. st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here