in

Menteri Tjahjo Dorong Polres Purworejo Cepat Tanggap dalam Pelayanan

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat kunjungan kerja ke Polres Purworejo, Jawa Tengah. Foto: menpan.go.id

PURWOREJO (Jatengdaily.com)- Berbagai inovasi pelayanan telah dikembangkan oleh Polres Purworejo untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Selain melalui inovasi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mendorong jajaran Polres Purworejo untuk dapat memberikan percepatan pelayanan dan cepat tanggap atas segala kebutuhan masyarakat Purworejo.

“Kuncinya adalah Polres harus cepat tanggap dalam melayani masyarakat. Percepatan ini sebagai bentuk penyerderhanaan birokrasi yang sesuai dengan visi dan misi Presiden” jelas Menteri Tjahjo dihadapan anggota Polres Purworejo saat kunjungan kerja ke Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (3/12/2020).

Menteri Tjahjo juga mengemukakan bahwa Kementerian PANRB sebagai regulator kebijakan pelayanan publik, terus melakukan pendampingan dan pemantauan terhadap seluruh unit penyelenggara pelayanan. Hal ini dilakukan untuk menjamin adanya kualitas pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan publik.

Terkait dengan hal tersebut, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan bahwa proses pendampingan yang dilakukan oleh Kementerian PANRB tersebut dilakukan untuk memberikan masukan serta menyemangati penyelenggara pelayanan publik. Hal ini semata untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Berkenaan dengan inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Polres Purworejo, Diah mengatakan bahwa pelayanan tersebut diberikan dengan komitmen pelayanan yang humanis. Selain itu, juga dilakukan dengan pendekatan jemput bola kepada segenap masyarakat Purworejo.

Beberapa inovasi yang ada di Polres Purworejo adalah Pelayanan Terpadu di Jodo Plaza, pelayanan SIM di akhir pekan melalui SIM MALU (SIM Malam Minggu), serta layanan bantuan hukum. “Ini dimaksudkan bahwa pemberian pelayanan publik dari Polres Purworejo benar-benar memperhatikan harapan dan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Diah melanjutkan bahwa jika pelayanan yang diberikan sudah baik, maka berbagai penilaian mengenai pelayanan publik pun dapat dilalui dengan mudah dengan hasil yang baik pula. Berbagai penilaian dari Kementerian PANRB tersebut, seperti indeks pelayanan publik dan zona integritas, maupun dari Ombudsman Republik Indonesia ataupun berbagai elemen masyarakat.

“Utamanya adalah penilaian dari masyarakat, karena merekalah yang sebenarnya bisa memberikan penilaian yang paling jujur mengenai apa yang selama ini sudah dilakukan,” lanjutnya.

Di depan jajaran Polres yang memiliki moto ‘Harus Lebih Baik’, Diah berharap ke depannya dapat meningkatkan intensitas komunikasi dengan Polres Purworejo terkait dengan pendampingan agar berbagai pelayanan publik di Polres Purworejo dapat terus ditingkatkan. Diah juga berharap berbagai pelayanan yang ada di Polres Purworejo juga dapat bergabung ke dalam Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Purworejo yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

“Semoga Polres Purworejo selalu bersemangat untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Purworejo,” tutup Diah.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Deputi Diah bersama Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito berkesempatan untuk meninjau lokasi, fasilitas, dan proses pelayanan yang ada di Polres Purworejo. Di akhir acara, Menteri PANRB turut memberikan penghargaan kepada Kapolres Purworejo atas komitmen dan kerja samanya dalam mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan publik pada Polres Purworejo. she

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Rapid Test Tak Jamin Bebas Karantina Pemudik ke Solo

BNPB Minta Kota Tegal Tingkatkan Pencegahan Penyebaran Covid-19