in

Misi Kemanusiaan, DMI Bantu 1 Juta Botol Karbol Pewangi

Wakil Sekretaris Jendral DMI Pusat, dr Ivan Rovia menyerahkan bantuan kepada pengurus DMI Jawa Tengah di halaman Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Semarang, Rabu (8/4). Foto:ist

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Pimpinan Dewan Masjid Indonesia (DMI) pusat turut serta dalam menjalankan misi kemanusiaan di tengah pandemi wabah Covid-19. Salah satu tujuan misi tersebut untuk menanggulangi dampak sosial – ekonomi masyarakat di tengah Covid-19.

Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Jendral DMI pusat, dr Ivan Rovia saat menyerahkan paket bantuan berupa karbol pewangi kepada Pimpinan Wilayah (PW) DMI Jawa Tengah di halaman Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Semarang, Rabu (8/4).

“Jadi seperti halnya rapat pleno dengan pimpinan pusat DMI yang dipimpin langsung Bapak Jusuf Kalla (JK), bahwa Dewan Masjid juga harus ikut andil dalam misi kemanusiaan bencana wabah Covid-19. Wajib hukumnya,” terangnya.

Turut hadir dalam penyerahan itu, Ketua DMI Jawa Tengah, KH Achmad, Wakil Ketua DMI Jawa Tengah, KH Musman Thalib, Sekretaris DMI Jawa Tengah, KH Multazam Ahmad, Sekretaris Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) KH Muhyiddin, perwakilan DMI kabupaten/kota di Jawa Tengah, dan sejumlah pengurus lainnya.

Ivan melanjutkan, salah satu misi kemanusiaan itu diwujudkan dengan pembagian karbol pewangi kepada pengurus masjid di seluruh Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Berdasarkan data yang dihimpun DMI pusat, setidaknya ada sekitar 1 juta masjid dan musala di seluruh Indonesia.

“Ini harus segera dilakukan untuk mengantisipasinya. Jangan sampai tempat-tempat yang biasa untuk kegiatan rutinitas berjamaah, majelis taklim ikut terdampak. Pencegahan dapat dilakukan sejak dari awal,” ujarnya.

Ivan melanjutkan, salah satu yang menjadi tugas Dewan Masjid adalah mendukung apa yang dilakukan pemerintah, bukan mendahului kebijakan pemerintah. Tugas pemerintah dalam hal ini berkaitan dengan kemasjidan atau tempat ibadah lainnya.

“Kita harus bergerak bersama di ranah pencegahan dan mitigasi. Masjid dan sekitarnya. Maka, pak JK umum menugaskan kami untuk program-program terkait masjid dalam antisipasi Covid-19 untuk segera dilakukan,” terangnya.

Dia mengatakan, selain mendistribusikan karbol pewangi, DMI juga melakukan kegiatan positif lainnya seperti, penyemprotan disinfektan. Di luar itu, menurut dia, ada ada program yang tidak kalah penting, yakni program penanggulangan dampak sosial – ekonomi.

“Ini menjadi perhatian teman-teman pengurus Dewan Masjid di seluruh tingkatan. Mulai dari pusat, wilayah, kabupaten/kota, kecamatan sampai pengurus-pengurus takmir masjid harus ikut juga,” katanya.

Di tengah sambutan, Irvan menambahkan, jangan sampai rutinitas yang ada di sekitar masjid seperti, pedagang kaki lima (PKL), warung, dan lainnya ikut terdampak Covid-19. Maka, untuk melakukan itu, pihaknya bekerja sama dengan organisasi masyarakat (ormas) lain untuk menanggulangi dampak sosial – ekonomi.

“Kami targetkan seluruh masjid – musala terkaver. Karena kita terstruktur secara organisatoris, mungkin metode pembagian sampai tingkat kecamatan maupun ranting, kami minta bantuan teman-teman wilayah untuk dapat membantu pusat dalam mendistribusikan bantuan ke masjid, musala yang ada,” katanya.

Diakhir sambutan, Irvan mengapresiasi pengurus PW DMI Jawa Tengah yang bergerak cepat dalam ikut andil penanggulangan Covid-19. Di Jateng sendiri, kata dia, DMI pusat menyalurkan bantuan karbol pewangi sebanyak 50 ribu botol. Sementara secara nasional, jumlahnya sebanyak 1 juta botol.

“Terimakasih kepada jajaran pengurus DMI Jateng yang berkenan untuk melakukan misi kemanusiaan, khsususnya dalam mencegah Covid-19,” imbuhnya.

Ketua DMI Jawa Tengah, KH Achmad yang menerima langsung bantuan tersebut menyatakan apresiasi. Menurut Kiai Achmad, sebelumnya, pengurus baik DMI Jateng maupun kabupaten/kota di Jawa Tengah telah bersinergi dengan pemerintah setempat dalam upaya pencegahan Covid-19.

“Kami selaku pengurus DMI Jawa Tengah sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh DMI pusat. Alhamdulillah, pengurus DMI daerah respon sekali. Karena kabupaten/kota yang dikabari langsung segera mengambilnya,” katanya. st

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Musisi Glenn Fredly Meninggal Dunia

Perangi Covid-19, Periswara Patungan Bantu Tenaga Medis