Mobil disemprot disinfektan. Foto: wing

SLAWI (Jatengdaily.com) -Kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Adiwerna, Kabupaten Tegal, Rabu (25/3/2020), diberhentikan kemudian langsung disemprot cairan disinfektan. Ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Tegal.

Kegiatan yang diinisiasi GP Ansor Kabupaten Tegal bekerjasama dengan Unit Turjawali Satlantas Polres Tegal dan PJR Tegal ini, mendapat respon positif dari pengguna jalan Tol. Bahkan, ada yang meminta agar penyemprotan juga dilakukan di gerbang tol lainnya, tidak hanya di Tegal saja.

“Saya berterimakasih atas upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di jalan Tol ini. Ini baru pertama kali saya temui,” ujar Lugianto (55), salah satu pengguna jalan Tol asal Demak.

Ketua GP Ansor Kabupaten Tegal, Nur Fanani, mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan selain di gerbang Tol juga dilakukan masjid-masjid dan fasilitas publik. Gerbang Tol dipilih karena menjadi tempat keluar masuk kendaraan dari berbagai kota, yang berpotensi membawa berbagai macam virus termasuk virus corona.

“Semua kendaraan yang melintas kami semprot. Jalan tol ini aka akses dari berbagai kota. Jadi, kami antisipasi agar wilayah Kabupaten Tegal tidak ada virus corona yang mungkin terbawa di kendaraan,” kata Fanani.

Penyemprotan disinfektan dilakukan serentak di 15 PAC GP Ansor Kabupaten Tegal melibatkan puluhan pengurus Ansor dan anggota Banser.

“Lima belas PAC yang ada semuanya bergerak melakukan penyemprotan disinfektan. Alhamdulillah, di Kabupaten Tegal sampai saat ini belum ada kasus positif corona,” tambah Fanani.

Sementara itu, Kanit Turjawali Satlantas Polres Tegal, Iptu Zaenudin, mengatakan, Polres Tegal sangat mendukung upaya GP Ansor Kabupaten Tegal tersebut. Menurut Zaenudin, Polres Tegal juga sedang gencar menyosialisasikan maklumat Kapolri terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami dari Polres Tegal juga gencar menyosialisasikan Maklumat Kapolri, ada imbauan kepada masyarakat agar menghindari kerumunan dan keramaian untuk mencegah Covid-19,” katanya. wing-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here