ilustrasi mahasiswa baru Undip. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Pandemi Corona (Covid-19), membuat Universitas Diponegoro (Undip) menyiapkan strategi dengan menjaring mahasiswa baru jalur Ujian Mandiri (UM) atau Jalur Mandiri Sarjana S1, melalui portofolio.

Wakil Rektor III Undip, Dwi Cahyo Utomo SE MA PhD mengatakan, Jalur Mandiri yang sedianya dilaksanakan melalui Ujian Tertulis diganti dengan Seleksi Ujian Mandiri S1 berdasarkan portofolio. Sedangkan pendaftaran Jalur Mandiri masih akan dibuka sampai 20 Juli 2020 mendatang. Demikian dikatakannya, Sabtu (30/5/2020).

Jalur Mandiri dibagi dua kategori yakni Kelas Reguler dengan daya tampung 4.652 kursi dan  Kelas Internasional disediakan sebanyak 350 kursi. 

Ada tiga pilihan Kelompok Program Studi. Masing-masing adalah Saintek dimana pendaftar bisa memilih dua pilihan program studi (ada 34 prodi S1 Saintek yang ditawarkan). Sedangkan Soshum, calon mahasiswa juga bisa memilih  dua pilihan program studi (ada 17 prodi S1 Soshum).

Atau pendaftar bisa memilih campuran, dimana di sini, calon mahasiswa baru bisa memilih dua program studi (ada 34 prodi S1 Saintek dan 17 Prodi S1 Soshum) yang bisa dicermati untuk dipilih.

Dikutip dari laman https://um.undip.ac.id/archives/28/informasi-seleksi-ujian-mandiri-s1, pendafataran online masih dibuka sampai 20 Juli 2020. Untuk pengumuman hasil seleksi 30 Juli 2020.

Tahun ini Undip menerima total 10.110 mahasiswa baru. Dengan rincian,  2.066 orang melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 3.042 mahasiswa baru dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur  Mandiri yang dibagi dua kategori yakni Kelas Reguler dengan serapan  4.652 orang dan Jalur Mandiri  Kelas Internasional sebanyak 350 orang.  She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here